nusabali

Rajin Baca ‘Dibonus’ Rp 300 Ribu

  • www.nusabali.com-rajin-baca-dibonus-rp-300-ribu

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Bangli memberikan bonus kepada pemustaka teraktif dan terbanyak sebesar Rp 300 ribu

BANGLI, NusaBali

Pemustaka teraktif adalah mereka yang paling sering berkunjung dan baca di perpustakaan. Sedang pemustaka terbanyak adalah yang paling banyak pinjam buku. Semuanya dihitung dalam rentang waktu setahun. Untuk menunjang minat baca dan meningkatkan kunjungan itulah, sebanyak 12 orang dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua akan diberi bonus Rp 300 ribu plus piagam penghargaan dari Bupati Bangli I Made Gianyar.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bangli I Dewa Ayu Widiasih, menyatakan hal itu dilakukan setiap tahun. Seperti yang dilakukan, Jumat (23/9), di depan Monumen Pahlawan Kapten AA Anom Mudita, Bangli. “Tujuannya merangsang meningkatkan minat baca,” jelasnya.

Dikatakan kunjungan ke perpustakaan daerah masih didominasi kalangan pelajar. Ditambah kunjungan masyarakat umumnya berkisar 40 orang per hari. “Kami berupaya terus meningkatkan minat baca,” ujarnya. Selain melayani di perpustakaan, juga lewat dua unit mobil perpustakaan keliling. Sedang terkait bulan gemar membaca, kata Dewa Widiasih, perpustakaan daerah memberikan rangsangan sebanyak Rp 125 ribu kepada pelajar yang menyerahkan rangkuman dari buku yang dibaca, dengan sistem undian. Hasilnya ada 400 yang berhasil. Masing-masing 100 orang per kecamatan.

Luh Cantika Wulandari, siswa kelas V SD salah seorang yang menerima piagam dan bonus gemar membaca, mengaku senang dengan ‘hadiah’ tersebut. “Saya biasa baca buku pelajaran,” kata Cantika Wulandari.

Sedang I Wayan Diarsa, 73, salah seorang pemustaka terbanyak, menuturkan membacakan dijadikan sarana rekreasi. “Saya memang sering pinjam buku,” ujar lelaki asal Banjar Blungbang, Kelurahan Kawan, Bangli. Kegiatan bulan gemar membaca dihadiri Bupati Bangli I Made Gianyar. * k17

Komentar