nusabali

Sukaja Mulai Bergerak di Tabanan

  • www.nusabali.com-sukaja-mulai-bergerak-di-tabanan

Salah satu agenda yang dihasilkan saat rapat koordinasi, yakni pelantikan Pengurus DPC NasDem di tingkat kecamatan September nanti.

Panaskan Mesin Partai, Kumpulkan Pengurus NasDem Tabanan


TABANAN, NusaBali
Pasca dilantik sebagai Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan DPW NasDem Bali, I Wayan Sukaja langsung sowan dengan pengurus DPD NasDem Tabanan pimpinan Wayan Sarjana. Sukaja yang juga menjabat Koordinator Daerah (Korda) Kabupaten Tabanan selain memperkenalkan diri sekaligus memanaskan mesin partai.

Menurut Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kekaderan (OKK) DPD NasDem Tabanan, I Gusti Ngurah Sanjaya, bergabungnya Sukaja merupakan tambahan amunisi baru. Dikatakan, dalam kancah politik di Tabanan dan Bali, Sukaja sudah tak asing lagi. Sebab politisi asal Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Tabanan itu pernah dua periode di DPRD Tabanan dan tembus DPRD Provinsi Bali pada Pileg 2009 dengan raihan suara tertinggi se-Bali.

“Kami sangat yakin tambahan amunisi dari pak Sukaja akan membesarkan Partai NasDem di Tabanan dan Bali,” tandas anggota DPRD Tabanan ini, Senin (29/8). Sanjaya mengatakan, Sukaja datang ke kantor DPD NasDem Tabanan, Minggu (28/8) untuk memperkenalkan diri pasca diresmikan sebagai Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan DPW NasDem Bali. “Pak Sukaja langsung mengajak rapat koordinasi sekaligus silaturahmi,” imbuh Bendesa Adat Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan ini.

Sukaja langsung panaskan mesin partai untuk pengembangan sistem demokrasi. Dalam rapat koordinasi itu kompak dihadiri dua anggota DPRD Tabanan dari NasDem, yakni Ida Ayu Candrawati dan I Gusti Ngurah Sanjaya. Sementara Ketua DPD NasDem Tabanan, Wayan Sarjana saat dihubungi mengatakan, salah satu agenda yang dihasilkan saat rapat koordinasi,  yakni agenda pelantikan Pengurus DPC NasDem di tingkat kecamatan. Agenda pelantikan rencananya dilakukan per kecamatan pada bulan September ini.

“Pengurus sudah lengkap tinggal kita lantik dan berikan SK,” tandas Sarjana. Mantan Calon Bupati Tabanan pada Pilkada Tabanan tahun 2015 ini mengatakan, setelah Pengurus DPC NasDem se-Tabanan pegang SK, maka ditugaskan turun membentuk pengurus di tingkat desa dan banjar.
Sarjana mengklaim pengurus DPC NasDem se-Tabanan kebanyakan diisi tokoh publik seperti perbekel dan pengurus adat. Selain itu ada kalangan pengusaha muda hingga akademisi. Seiring banyaknya tokoh politik mumpuni dan tokoh masyarakat gabung ke NasDem, diharapkan partai besutan Surya Paloh ini mampu meningkatkan jumlah kursi di DPRD Tabanan pada Pileg 2014.

Targetnya, NasDem mampu bentuk fraksi di DPRD Tabanan. Saat ini, NasDem sukses mengoleksi dua kursi dari Dapil Marga-Kediri, Ida Ayu Candrawati dan Dapil Penebel-Baturiti, I Gusti Ngurah Sanjaya. Nantinya, semua dapil diharapkan mampu lahirkan minimal satu anggota dewan.

Kepastian bergabungnya Wayan Sukaja (mantan Sekretaris DPC PDIP Taba¬nan 2005-2010 yang sempat gabung ke Hanura, sebelum masuk Golkar selepas da¬ri penjara beberapa bulan lalu) ke Partai NasDem diumumkan langsung Ketua DPW NasDem Bali, IB Oka Gunastawa, Kamis (18/8) lalu. Wayan Sukaja dipercaya menjadi Wakil Ketua Bidang Politik dan Pemerintahan DPW NasDem Bali. Sebelumnya Sukaja sempat bersaing rebut posisi Ketua DPD II Golkar Tabanan, namun gagal setelah akhirnya Golkar Tabanan dipimpin Ketut Arya Budi Giri (ABG). Walau ABG tetap mengakomodasi Sukaja dalam kepengurusan, namun tak membuat politisi kawakan ini betah berlama-lama bernaung di bawah Beringin. Sukaja lalu pilih lompat ke Partai NasDem. * k21

Komentar