nusabali

Tokoh Perdamaian Dunia Resmikan Taman Gandhi

  • www.nusabali.com-tokoh-perdamaian-dunia-resmikan-taman-gandhi

Tokoh perdamaian dunia, Dr SN Subba Rao dengan panggilan Bhai Ji, salah satu pejuang perdamaian yang dinamis asal India didatangkan khusus ke Bali untuk meresmikan Monumen Taman Gandhi di Taman Gong Perdamaian, Kertalangu, Denpasar, Kamis (21/7).

DENPASAR, NusaBali

Peresmian Taman Gandhi yang digagas oleh Komunitas Gema Perdamaian bekerjasama dengan Taman Budaya Gong Perdamaian ini diharapkan kedepannya bisa bermanfaat untuk masyarakat karena saat ini situasi di Bali sudah sangat banyak kejahatan dan kekerasan dimana perdamaian di Bali ini sudah mulai terkikis.

Br. Indra Udayana selaku Direktur Eksekutif mengatakan, adanya Taman Gandhi ini merupakan kolaborasi dari Taman Gong Perdamaian dengan Gema Perdamaian Dunia yang diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat. "Kita mendirikan monumen Gandhi ini tujuannya menumbuhkan rasa perdamaian dan menjadikan Gandhi itu adalah spirit. Tidak lagi berbicara tentang manusia atau agama tetapi bagaimana kita sekarang berbicara tentang action, karma yoga itu sendiri," terangnya.

Gus Indra, demikian panggilannya, juga menyayangkan dengan adanya pembunuhan karakter bagi tokoh-tokoh Bali di bully dengan beberapa kejadian yang telah terjadi saat ini. "Karena adanya pembunuhan karakter tokoh itu, kami harapkan dengan adanya Gandhi Park (Taman Gandhi) ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk perdamaian dunia. Selain itu tempat ini bisa dimanfaatkan juga untuk bedah buku maupun seminar dan yang utama akan ada kegiatan yoga," jelasnya lagi.

Bhai Ji mengatakan, perdamaian itu ada pada benak laki-laki. Jika benak laki-laki sudah damai maka niscaya dunia ini akan damai. "Damai itu identik dengan Gandhi, dengan adanya patung Gandhi ini diharapkan bisa menyebarkan kedamaian ke seluruh dunia dan kesan damai itu muncul dari sini," terangnya. Acara selama 2 jam itu diakhiri dengan penandatanganan prasasti dan  penampilan Ayu Laksmi.* cr63

Komentar