nusabali

Nyepi Lanang, Aktivitas Krama Berlangsung Normal

  • www.nusabali.com-nyepi-lanang-aktivitas-krama-berlangsung-normal

Desa Pakraman Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, bisa jadi satu-satunya desa adat di Bali yang menyelenggarakan upacara Nyepi lebih dari dua kali dalam setahun. 

AMLAPURA, NusaBali
Ada tiga Nyepi di Desa Pakraman Ababi, yakni Nyepi Tahun Baru Saka, Nyepi Luh, dan Nyepi Lanang (Nyepi Muani). 

Upacara Nyepi Luh (perempuan) telah digelar pada Saniscara Pon Gumbreg (Sabtu, 9/1). Pada Saniscara Umanis Sungsang (Sabtu, 6/2), Desa Pakraman Ababi kembali menggelar upacara nyepi. Kali ini Nyepi Lanang (khusus laki-laki), sehari setelah upacara Usaba Pura Dalem pada Sukra Kliwon Sungsang (Jumat, 5/2). 

Tetapi perayaan Nyepi Lanang terlihat longgar, tidak seketat perayaan Nyepi Tahun Baru Saka. Walau namanya Nyepi Lanang, kaum lelaki tetap keluar rumah melakukan persembahyangan di Pura Dalem, dan melakukan aktivitas lainnya. 

Kios dan warung pun tetap buka, lalu lalang kendaraan melintas seperti biasa. 

“Memang hari ini (Sabtu kemarin) kami merayakan upacara Nyepi Lanang, tetapi khusus untuk kaum lelaki masih tetap keluar masuk rumah. Ke depan, perlu kami bicarakan kembali, agar perayaannya benar-benar sipeng (sepi sekali),” kata Pangliman (Wakil Kelian) Desa Pakraman Ababi I Made Dipta, Sabtu kemarin.

Desa Pakraman Ababi, lanjutnya, selama setahun mengenal tiga kali upacara Nyepi. Yakni Nyepi Luh untuk kaum perempuan, Nyepi Lanang untuk kaum lelaki, dan Nyepi Tahun Baru Saka yang berlaku secara nasional. Nyepi Luh terlaksana sehari setelah piodalan di Pura Kedaton, Desa Pakraman Ababi. 
Mantan Kelian Kerta Desa Ababi, Kecamatan Abang, I Nyoman Kuta menuturkan, makna Nyepi Luh dan Nyepi Lanang bisa saja diartikan sebagai persamaan gender. 

“Saat Nyepi Luh berlangsung, giliran kaum lelaki yang menggarap semua pekerjaan di rumah, sehingga kaum perempuan istirahat dari segala aktivitas,” ujarnya.

Begitu juga jika tiba peraayan Nyepi Lanang, maka giliran kaum perempuan yang bekerja. “Tetapi belum ada catatan sastra yang menyebutkan tata cara perayaan Nyepi Lanang dan Nyepi Luh,” jelas Nyoman Kuta.

Perayaan Nyepi pada umumnya harus menjalankan Catur Brata Panyepian, yakni amati geni (tidak menyalakan api atau lampu dan tidak boleh mengobarkan hawa nafsu). Amati karya (tidak melakukan kegiatan, melainkan tekun melakukan penyucian rohani. Amati lelungan (tidak bepergian ke mana-mana, melainkan senantiasa mulat sarira/atau mawas diri di rumah serta melakukan pemusatan pikiran bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) dalam berbagai manifestasinya, dan amati lelanguan (tidak mengadakan hiburan/rekreasi atau bersenang-bersenang lainnya).

Catur Brata Penyepian untuk Nyepi Luh dan Nyepi Lanang dilaksanakan hanya selama 12 jam, sejak pagi pukul 06.00 hingga petang pukul 18.00 Wita. Ini beda dengan Nyepi Tahun Baru Saka di mana Catur Brata Penyepian dilaksanakan selama 24 jam, sejak pagi pukul 06.00 hingga keesokan harinya pukul 06.00 Wita (ngembak geni).

Sebelum Nyepi Lanang kali ini, sehari sebelumnya digelar Usaba Dalem, ditandai adanya upacara pacaruan dengan kurban godel pagerwesi, asu (anjing) bangbungkem, dan kucit butuan (anak babi berbulu hitam).
Selain melakukan pacaruan, krama yang berasal dari Banjar Ababi, Banjar Gunaksa, Banjar Tanah Lengis, dan Banjar Uma Anyar, juga menata kemasan nasi terbungkus daun aren, disebut nasi kalesan.

Kemasan nasi tersebut dipersembahkan ke Pura Dalem. Selanjutnya Jro Mangku Dalem ngantebang (mengantarkan) banten tersebut. Usai Jro Mangku Dalem mempersembahkan, maka krama rebutan mendapatkan nasi kalesan itu. Karena rebutan, banyak nasi berserakan. “Nasi berserakan pertanda tanaman padi di ladang akan subur,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, selama Nyepi Lanang tidak ada pecalang (petugas keamanan desa) yang berjaga-jaga. 

Pelaksanaan Nyepi Luh ditandai dengan suara kulkul (kentongan adat) dan persembahyangan bersama di Pura Kedaton. Saat persembahyangan di Pura Kedaton itu pula, kaum perempuan yang baru menempuh mahligai rumah tangga (menikah) dikukuhkan sebagai krama pengarep (anggota utama) Desa Pakraman Ababi.

Selama seharian saat Nyepi Luh, warung-warung di wewidangan Desa Pakraman Ababi tidak boleh buka. Sebab, kaum perempuan dari segala usia melaksanakan Catur Brata Penyepian, terutama yang paling ditekankan Amati Lelungan (tidak pergi ke mana-mana). 

Ketentuan Nyepi Luh dan Nyepi Lanang itu berlaku di seluruh 4 banjar adat yang ada di Desa Pakraman Ababi, yakni Banjar Ababi, Banjar Gunaksa, Banjar Tanah Lengis, dan Banjar Uma Anyar. 7 k16

Komentar