nusabali

Pemkot Denpasar Tingkatkan Peran Damakesmas

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-tingkatkan-peran-damakesmas

Komitmen Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakilnya, IGN Jaya Negara dalam bidang kesehatan hingga kini terus dimaksimalkan.

Proaktif Jemput Bola Tangani Kesehatan Masyarakat

DENPASAR, NusaBali
Sebelumnya, Pemkot Denpasar telah meluncurkan inovasi Denpasar Mantap Kesehatan Masyarakat (Damakesmas) untuk menangani kegawatdaruratan masyarakat Kota Denpasar dalam bidang kesehatan. Guna menunjang kelancaran berbagai inovasi layanan kesehatan tersebut, Pemkot Denpasar kembali melakukan pembinaan pegawai yang kali ini dilaksanakan di Puskesmas IV Denpasar Selatan, Selasa (23/1).

Hadir langsung untuk memberikan pembinaan, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang juga selaku Pembina Kepegawaian di lingkungan Pemkot Denpasar didampingi Kadis Kesehatan dr Ni Luh Putu Sri Armini, Camat Denpasar Selatan I Wayan Budha, Plt Kepala Puskesmas IV Densel dr Ni Made Saraswati Rahayu serta instansi terkait lainnya.

Dikatakan Rai Iswara, dalam rangka pembangunan dan pengembangan Kota Denpasar terdapat tiga sektor dasar yang harus mendapat perhatian serius. Pertama yakni bidang pendidikan, bidang sosial, dan bidang kesehatan. Hal ini lantaran ketiganya menjadi satu kesatuan yang utuh dan saling menunjang disegala bidang. "Kalau pintar yang dalam hal ini adalah pendidikanya bagus, tapi tidak ditunjang dengan kesehatan tentu tidak akan berjalan maksimal, begitu pula untuk sosial," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rai Iswara turut memotivasi para petugas kesehatan di Puskesmas IV Denpasar Selatan yang berjumlah 81 pegawai. Dimana, sebagai petugas kesehatan hendaknya selalu memperkuat citra kelembagaan yang dapat dilakukan dengan selalu mengedepankan rasa kebersamaan, selalu menjaga kekompakan, dan selalu berusaha untuk meningkatkan SDM yang ada. "Seluruh pegawai harus kompak dan jangan saling menjelekan satu sama lain, sehingga citra lembaga dapat tetap terjaga," ujarnya.

Sekda Rai Iswara turut menekankan agar setiap pegawai puskesmas tetap mengedapankan setiap pekerjaan harus berlandaskan kepada aturan yang ada. Hal ini merupakan salah satu wujud Komitmen Kota Denpasar dalam menciptakan sistem pemerintahan yang bersih dan trasparan.

Rai Iswara menambahkan, dalam rangka menjamin kesehatan masyarakat pihaknya mendorong seluruh puskesmas untuk peka terhadap lingkungan. Sehingga kepastian akan kesehatan masyarakat tetap terjamin. "Puskesmas harus peka terhadap lingkungan sekitar, apalagi sekarang musim hujan, jadi alangkah baiknya melakukan jemput bola, karena beberapa wilayah Denpasar terjadi genangan, jadi kita di Pemkot Denpasar telah memikirkan upaya penanganan pasca terjadi genangan dan menjamin kesehatan masyarakat," tegasnya sembari menginstruksikan langsung pengecekan kesehatan jemput bola pasca adanya genangan di beberapa titik Kota Denpasar kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar.

Sementara, Kadiskes Denpasar, dr Ni Luh Putu Sri Armini bersama Plt Kepala Puskesmas IV Densel dr Ni Made Saraswati Rahayu mengatakan saat ini di Kota Denpasar terdapat 11 Tim Damakesmas yang tersebar di empat Kecamatan di Kota Denpasar. Adapun Tim Damakesmas tersebut dilengkapi dengan kegawatdaruratan dan pemeriksaan kesehatan sehari-hari yang dilengkapi dengan armada kesehatan dengan sistem jemput bola dalam upaya memberikan pendampingan kesehatan kepada masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Sri Armini menyatakan kesiapan untuk melakukan kordinasi dan respon cepat terkait dengan penanganan kesehatan pasca terjadi genangan di beberapa titik Kota Denpasar. *m

Komentar