nusabali

Mantra-Kerta Sesumbar Menang 80 Persen Suara di Karangasem

  • www.nusabali.com-mantra-kerta-sesumbar-menang-80-persen-suara-di-karangasem

Pasangan IB Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), Cagub-Cawagub yang diusung Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-PBB-PKS, targetkan menang 80 persen suara di Karangasem dalam Pilgub Bali 2018.

AMLAPURA, NusaBali

Alasannya, mereka disokong mayoritas 29 dari total 45 anggota DPRD Karangasem, selain juga didukung Bupati dan mantan Bupati. Target melambung ini disampaikan Ketua Tim Pemenangan Mantra-Kerta, I Gusti Ayu Mas Sumatri, dalam rapat perdana di Sekretariat Tim Pemenangan, Jalan Untung Surapati Amlapura, Minggu (21/1). Rapat kemarin dihadiri pula Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana, Ketua DPC Demokrat Karangasem I Gede Sumantara, Ketua DPC Gerindra Karangasem I Nyoman Suyasa, Wakil Ketua DPC PKS Karangasem Muhammad Fikri, selain Ketua DPC NasDem Karangasem IGA Mas Sumatri yang bertindak selaku Ketua Tim Pemenangan Mantra-Kerta.

Awalnya, Penasihat Koalisi Rakyat Bali (KRB) Karangasem, I Gusti Made Tusan---yang notaben suami dari IGA Mas Sumatri---yang juga hadir dalam rapat kemarin, menyebutkan sesuai survei awal, Mantra-Kerta unggul 65 persen. "Jika terus bergerak, mesin politik dibangkitkan, kemenangan bisa lebih dari itu," jelas IGM Tusan. “Nanti kita upayakan agar mencapai 80 persen. Barometer kemenangan Dhar-ma-Kerta di Bali, kan ada di Karangasem," sambung Made Sukerana.

Sedangkan Mas Sumatri mengatakan kemenangan 80 persen untuk Mantra-Kerta di Karangasem merupakan target ideal. "Kemenangan 80 persen merupakan target ideal di Karangasem. Kami janji akan memenuhi target itu. Pemetaan kekuatan telah tergambarkan," jelas Mas Sumatri.

Dalam rapat kemarin juga disepakati nantinya akan dikerahkan 100.000 massa saat puncak kampanye Mantra-Kerta Kerta di Karangasem. Alasannya, ada lima parpol parlemen yang berkoalisi dengan total 29 anggota DPRD Karangasem. Nantinya, masing-masing anggota Dewan minimal kerahkan 1.000 massa. "Jumlah 100.000 massa merupakan ukuran ideal untuk kampanye Pilgub Bali. Kita buktikan pendukung Mantra-Kerta terbanyak dari Karangasem," tandas Sukerana.

Khusus untuk Karangasem, Mantra-Kerta punya modal 29 kursi DPRD Karangasem atau 64,44 persen suara parlemen hasil Pileg 2014. Rinciannya, 13 kursi Dewan milik Golkar, 5 kursi milik Demokrat, 5 kursi milik Gerindra, 5 kursi milik NasDem, dan 1 kursi milik PKS. Sedangkan lawsan mereka, KBS-Ace (Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati), Cagub-Cawagub Bali yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PKB-PPP punya 16 kursi DPRD Karangasem atau 35,56 persen suara parlemen hasil Pileg 2014. Rinciannya, 12 kursi DPRD Karangasem milik PDIP, 2 kursi milik Hanura, dan 2 kursi milik PKPI.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Karangasem, Nyoman Suyasa, juga menegaskan target menang 80 persen bagi Mantra-Kerta di Karangasem merupakan target realistis. Suyasa menegaskan, jajaran Gerindra Karangasem sudah membentuk Koalisi Rakyat Bali (KRB) Karangasem. "Barusan (kemarin) rapat KRB Karangasem, target kemenangan Mantra-Kerta di Karangasem 80 persen. Itu berdasarkan analisa, kajian, dan perkembangan di lapangan," ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD Bali ini kepada NusaBali, Minggu kemarin.

Menurut Suyasa, Mantra-Kerta solid di Karangasem dengan kekuatan semua elemen KRB. "Kita punya tim yang solid, fraksi yang mayoritas. Kemudian kita punya Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD Karangasem," tandas politisi Gerindra asal Desa Pertima, Kecamatan Karangasem ini.

Suyasa membeber mantan Bupati Karangasem Wayan Geredeg dan eks Wakil Bupati Made Sukerana juga berada di barisan Mantra-Kerta. "Semua elemen ini sudah siap untuk memenangkan Mantra-Kerta di Karangsem. Apalagi Pak Rai Mantra punya darah Karangasem dan Sudikerta yang sudah sering turun di 78 desa yang ada di Karangasem. Jadi, wajar target 80 persen akan tercapai," katanya. *k16,nat

Komentar