nusabali

Kelapa Tumbang Halangi Pengguna Jalan

  • www.nusabali.com-kelapa-tumbang-halangi-pengguna-jalan

Pohon kelapa tumbang ke tengah jalan di Banjar Pengalon, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (18/1) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Meski pohon tumbang tidak menyentuh tanah, namun menghalangi pengguna jalan raya. Dampaknya, arus lalulintas sempat terganggu.

Informasi di lapangan, pohon kelapa tumbang terjadi pukul 21.30 Wita. Pohon yang selama ini condong ke jalan raya tumbang karena tanahnya labil akibat terus diguyur hujan. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, bersama anggota turun ke TKP berbekal dua chainsaw untuk potong pohon tumbang. Dalam waktu sekitar 30 menit, batang pohon kelapa tuntas disingkirkan dan arus lalulintas dari kedua arah kembali normal. "Sepanjang jalur Desa Antiga hingga Desa Antiga Kelod memang rawan pohon tumbang terutama pohon kelapa yang banyak tumbuh di pinggir jalan," jelas Ida Bagus Arimbawa.

Ida Bagus Arimbawa sempat bersurat ke kantor camat se-Karangasem agar melakukan survei pohon-pohon di pinggir jalan yang tua dan rawan tumbang. Selanjutnya berkoordinasi dengan pemiliknya, jika disepakati ditebang, BPBD siap membantu melakukan pemotongan. Namun imbauan itu belum mendapatkan respons optimal. Padahal katanya banyak pohon kelapa ditemukan menjorok ke jalan raya, rawan roboh yang membahayakan pengendara dan pejalan kaki. *k16

Komentar