nusabali

2018, Puluhan Ruang Kelas Dibangun

  • www.nusabali.com-2018-puluhan-ruang-kelas-dibangun

Tahun 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Gianyar berencana membangun puluhan ruang kelas baru di sejumlah SD dan SMP.

GIANYAR, NusaBali

Pembangunan menyasar sekolah yang mengalami kerusakan bangunan yang memengaruhi proses belajar siswa. Disdik Gianyar juga akan merenovasi bangunan sekolah. Kepala Disdik Gianyar Made Suradnya mengungkapkan tahun ini ada puluhan ruang kelas baru yang siap dibangun. Berdasarkan data melalui APBD 2018 akan dibangun 14 ruang kelas SD dan 2 ruang kelas tingkat SMP se-Kabupaten Gianyar. “Itu untuk pembangunan ruang kelas yang tersebar di sejumlah sekolah di tujuh kecamatan," katanya didampingi Sekdisdik Gianyar I Wayan Sadra.

Untuk renovasi yakni 12 ruang kelas untuk SD dan 3 ruang kelas untuk SMP. Renovasi itu berupa pemasangan plafon dan lanti. “ Kan ada ruang kelas yang bangunannya masih bagus, tinggal kita renovasi saja seperti pemasangan plafon dan keramik sehingga siswa belajar lebih nyaman," katanya.

Selain dari APBD, pembangunan dan renovasi sekolah tahun ini juga dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Melalui dana pusat itu ada pembangunan untuk 8 ruang kelas SD, sementara renovasi dianggarkan untuk 28 ruang kelas SD. “ Dari DAK juga ada pembangunan 7 ruang kelas tingka SMP, itu juga ada bangunan yang bertingkat, kalau untuk renovasi dari DAK tidak ada," katanya.

Dikatakan, dari data itu, total ada 31 ruang kelas yang akan dibangun untuk tingkat SD dan SMP se Kabupaten Gianyar. Serta renovasi untuk puluhan ruang kelas lainya. “Beberapa proyeknya mungkin harus tander, karena ada yang nominal anggarannya cukup besar, yang pasti tahapan sudah berjalan," tandasnya.

Sadra menambahkan, pembangunan dan renovasi ruang kelas tidak hanya diagendakan tahun ini. Tahun 2017 juga sudah dibangun puluhan ruang kelas baru. Seperti pembangunan 21 ruang kelas untuk tingkat SD, serta pembangunan 8 ruang kelas untuk tingkat SMP. “ Jadi total ada 29 ruang kelas baru yang dibangun tahun kemarin," katanya.

Tahun 2017, Disdik juga merenovasi 15 ruang kelas SD dan SMP. Sementara dari DAK tahun lalu hanya ada renovasi untuk 11 ruang kelas SD dan 3 ruang kelas SMP. “ Ada juga beberapa yang tidak tertangani di 2017, langsung kita kerjakan tahun ini, termasuk juga di APBD perubahan nanti," imbuhnya.*nvi

Komentar