nusabali

Dewan Nihil Perda Inisiatif Sepanjang Tahun 2017

  • www.nusabali.com-dewan-nihil-perda-inisiatif-sepanjang-tahun-2017

DPRD Kota Denpasar telah berhasil merampungkan belasan rancangan peraturan daerah (ranperda) untuk dijadikan perda sepanjang tahun 2017.

DENPASAR, NusaBali
Namun, dari belasan ranperda tersebut, keseluruhannya merupakan hasil kajian dari pihak eksekutif. Tidak satu pun yang merupakan inisiatif dewan. Artinya, pada tahun lalu, Dewan Kota Denpasar belum menghasilkan satu pun perda inisiatif.

Ketua Komisi I DPRD Denpasar I Ketut Suteja Kumara saat dikonfirmasi Selasa (16/1) mengatakan, pihaknya selama 2017 lalu sudah berhasil menyelesaikan ranperda menjadi perda. Namun, dari belasan perda tersebut ia mengakui bahwa perda yang sudah terbentuk, belum ada satupun yang berasal dari inisiatif dewan. “Tahun ini kita akan dorong agar bisa menghasilkan perda inisiatif,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Dikatakan Suteja Kumara, untuk saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Legislasi (Baleg) untuk kedepannya agar bisa menggarap ranperda yang menjadi ide dari dewan. Karena, melalui badan ini, kata Suteja Kumara, dewan bisa mencetuskan ranperda yang akan dibahas bersama pihak eksekutif. “Kita dorong Baleg supaya bisa nanti merancang ranperda inisiatif,” jelasnya. *m

Komentar