nusabali

Disperindag Nihil Pameran ke Luar Daerah

  • www.nusabali.com-disperindag-nihil-pameran-ke-luar-daerah

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli cukup sering pameran di luar daerah menggandeng para perajin di Bangli.

BANGLI, NusaBali

Tujuannya, memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk perajin Bangli. Hanya saja untuk tahun 2018, Disperindag Bangli tidak bisa pameran di luar daerah karena keterbatasan anggaran.

Kepala Disperindag Bangli, I Nengah Sudibia, mengakui tak ada anggaran pameran ke luar daerah di tahun 2018. Tahun lalu Disperindag Bangli bersama beberapa pengrajin mengikuti pameran ekspo 2000 di Jakarta dan acara Dekranasda. Meski tahun ini nihil pameran di luar daerah, Disperindag tetap mengikuti pameran lokal. Dikatakan, hasil tak bisa langsung dilihat saat pameran. “Akan tetapi kita memperkernalkan produk yang dimiliki sehingga produk dikenal dan berkembang,” ujarnya, Senin (15/1).

Ditambahkan, usai pameran, perajin cukup banyak mendapatkan order. Meski tanpa adanya anggaran untuk mengikuti pameran di luar daerah, tidak mengurangi upaya pengembangan produk Bangli. Pihaknya bisa melakukan promos melalui media sosial untuk pengenalan hasil produk kerajinan Bangli. “Banyak cara untuk melakukan promosi,” tandasnya. Nengah Sudibia mengatakan, kerajinan bambu menjadi salah satu karya seni yang sering diikutkan pameran. Perajin yang diikutkan pameran dipilih yang memiliki kualitas. Tahun lalu yang pameran di luar daerah yakni perajin bambu dan tenun dari Desa Jehem. *e

Komentar