nusabali

Gong Xi Fat Choi, Semoga Anda Diberkahi dengan Keberuntungan dan Kekayaan

  • www.nusabali.com-gong-xi-fat-choi-semoga-anda-diberkahi-dengan-keberuntungan-dan-kekayaan

Sekitar 22 Desember, matahari berada di 23 derajat lintang selatan dan disebut juga ‘puncak musim dingin’. Setelah 22 Desember matahari bergerak ke utara. Awal musim semi di daratan China dimulai antara 21 Januari – 19 Februari.

Karena itu, awal tahun baru yang bertepatan dengan awal musim semi jatuh di antara tanggal tersebut. 

Awal tahun baru Imlek setiap tahun maju 11 hari karena berdasarkan perhitungan bulan, apabila melewati tanggal 21 Januari maka tahun tersebut disisipi bulan ‘Lun’ bulan ke -13 (tahun 2014 punya bulan ke-13, yang dimulai tanggal 24 bulan Oktober – 21 November 2014). Biasanya bulan ke-13 jarang dipakai untuk kegiatan penting karena tidak baik dalam perhitungannya. Itulah sebabnya perayaan Imlek di seluruh dunia berbeda tanggalnya karena tambahan bulan tersebut. Di 2016 jatuh pada 8 Februari 2016.

Menurut penanggalan versi Yin Li, 8 Februari 2016 akan masuk pada periode tahun baru 2567 (tahun 2016 ditambah 551 tahun berdasarkan kelahiran Gong Fu Zi/Khonghucu). Tahun ini merupakan pergantian lambang shio dari tahun kambing ke tahun monyet. Perhitungan ini berdasarkan sistem kalender bulan juga menandakan pergantian siklus alam, perubahan suasana dari musim dingin ke musim semi. Ilmu astrologi China kuno ada yang menghitung pergantian periode shio dilakukan dengan berpedoman pada perputaran matahari mulai saat permulaan musim semi. Di mana perhitungannya jatuh pada tanggal 4/5 Februari dari penanggalan Masehi. 

Tahun 2016 dinamai juga sebagai tahun Bing Shen, Bing adalah elemen yang berunsur Api Positif dari perhitungan batang langit, Shen mewakili unsur logam positif (dilambangkan sebagai monyet) dari perhitungan cabang bumi. Tahun ini para ahli Fengshui dari berbagai aliran sepakat bahwa tahun 2016 adalah tahun Monyet Api. 

Orang Tionghwa di beberapa daerah masih menganut kepercayaan China kuno. Beberapa hari sebelum merayakan hari tahun baru Im-Lek, rumah dibersihkan, dicat, dengan maksud semua harus serba bersih untuk menyambut kedatangan tahun yang baru. Hingga saat ini komunitas Tionghwa mempertahankan tradisi semua anggota keluarga dari tempat dekat dan jauh pulang ke rumah untuk makan-makan bersama sebelum tahun baru Im-Lek. 

Makan malam (Eve of Dawn) penuh dengan simbolis dan arti, antara lain tidak boleh dilakukan tergesa-gesa. Lebih lama waktu yang dihabiskan untuk makan malam lebih baik. Hal ini melambangkan kesatuan dan hubungan keluarga yang berlangsung lama. Generasi yang tua harus memberikan angpao kepada yang muda, sambil memperkenalkan semua keluarga sesuai urutan kedudukannya untuk lebih mengakrabkan hubungan satu dengan yang lainnya. Ada pantangan yang lain di hari tahun baru Im-Lek yaitu semuanya dilarang menyapu lantai, membersihkan peralatan dapur pun dilarang. Ini dimaksud jangan sampai rezeki ‘terusir atau tersapu’. Pintu rumah sepanjang malam harus terbuka lebar, untuk menyambut dan menerima ‘hoki’ yang datang dari berbagai penjuru pada masa pergantian tahun. Ada juga tradisi untuk tidak tidur sepanjang tahun baru. Dipercaya akan memperpanjang umur dan kesehatan mereka. 

2016 menandai datangnya tahun monyet api dengan banyak kemeriahan, akan menempa keharmonisan yang memberikan semangat bagi perkembangan di segala sektor. Menurut teori Wu Xing hubungan saling menekan antara logam dan api akan membuat tahun 2016 mempengaruhi perekonomian dunia sehingga menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Perbaikan sektor ekonomi juga akan memicu persaingan tidak sehat sehingga dapat terjadi percekcokkan di antara perusahaan, hubungan bisnis maupun hubungan keluarga. 

Siapapun yang pandai mengatur siasat/punya strategi serta dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki akan memperoleh rezeki yang berlimpah. Bagi mereka yang ragu-ragu, khawatir, pasrah harus dapat mengubah potensi diri agar mampu mengambil strategi guna memperoleh kemajuan serta keberhasilan dalam mengambil keuntungan di 2016. 

Sesuai dengan sifat logam dan api, bila tidak dapat mengendalikan api akan terimbas hawa panasnya sehingga tidak dapat melepaskan diri dari asap emosional yang tentunya berakibat pada rencana diri sendiri dan perusahaannya. Seperti kita ketahui sifat monyet biasanya perasaan sangat tajam, pekerja keras, serta mampu mengambil kesempatan pada situasi apapun. Dari situ kita harus dapat memahami dan meniru sifat yang dimiliki supaya kita mendapatkan banyak keuntungan di 2016 ini.

Dalam tahun 2016 diperlukan sikap yang positif antara lain berpikir realistis, pantang menyerah, dan bersemangat dalam mengambil satu keputusan yang tepat. Bersikap secara terbuka, setia, ramah kepada keluarga, teman, dan rekan bisnis. Jangan terlalu emosional, tidak sabaran, tidak toleransi, dan menganggap dirinya benar sehingga akan membuat satu keputusan yang dapat mengakibatkan kegagalan besar. Perlu juga mengevaluasi kembali rencana-rencana yang belum terlaksana, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat dan tidak ceroboh.

Hal yang perlu diwaspadai oleh semua orang adalah keinginan cepat-cepat mencapai kesuksesan optimal yaitu ingin kaya dalam sekejab tanpa perjuangan memadai. Ambisi tinggi tanpa semangat yang cukup untuk mengejar cita-cita secara baik dan benar, dapat berakibat menjadi nekat, beraktivitas yang sifatnya spekulatif, perilaku tersebut akan mewarnai manusia di 2016. Tahun Monyet Api dapat berpotensi merajalelanya perjudian, penipuan, pemerasan, pencurian, perampokan, penculikan, obat-obat terlarang dan sebagainya. 

‘Gong Xi Fat Choi’, semoga Anda diberkahi dengan keberuntungan dan kekayaan. 7

Komentar