nusabali

Dispar Target 487.169 Kunjungan Wisatawan

  • www.nusabali.com-dispar-target-487169-kunjungan-wisatawan

Dinas Pariwisata (Dispar) Klungkung menarget kunjungan wisatawan pada tahun 2018 mencapai 487.169 wisatawan nusantara maupuan mancanegara.

SEMARAPURA, NusaBali

Target ini meningkat 154.169 orang dibandingkan tahun 2017, sebanyak 333.000 wisatawan. Kadispar Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan target kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Klungkung di tahun 2017 sebesar 333.000 wisatawan, sudah melampui target mencapai 423.626 atau 127,22 persen. Dari data itulah pihaknya menaikkan target kunjungan pada 2018 menjadi 487.169 kunjungan. “Kami optimis mencapai target tersebut,” ujarnya, Selasa (9/1).

Dengan meningkatkan menerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga ditarget meningkat menjadi Rp 3,5 miliar lebih. Untuk dapat mencapai target ini pihaknya tetap berpromosi seperti tahun-tahun sebelumnya dengan menggelar festival dan lainnya. “Begitupun dengan asosiasi pelaku wisata, komunikasi dan koordinasi terus kami tingkatkan,” ujarnya.

Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Klungkung masih dominan wisatawan asal Eropa dan Australia. Objek yang ramai dikunjungi yakni Kerta Gosa, perairan di Nusa Penida dan objek wisatawan lainya. Nusa Penida masih paling banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu, objek wisata Kertha Gosa juga banyak dikunjungi wisatawan,” terangnya.

Diakui, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Klungkung sempat mengalami penurunan akibat dampak dari erupsi Gunung Agung karena bandara sempat buka-tutup. Namun kondisi ini tidak berlangsung lama, terlebih pemerintah menggalakkan sosialsiasi Bali Aman. Untuk di Klungkung sendiri upaya promosi terus dilakukan, salah satunya Nusa Penida Festival. “Saat ini kunjungan wisatawan kembali normal,” katanya.*wan

loading...

Komentar