nusabali

Mayjen Benny Susianto Jadi Pangdam IX/Udayana

  • www.nusabali.com-mayjen-benny-susianto-jadi-pangdam-ixudayana

Tongkat komando Kodam IX/Udayana kembali beralih.

DENPASAR, NusaBali
Baru 10 bulan menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak kini digantikan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Benny Susianto, yang sebelumnya Wadanjen Akademi TNI. Mayjen Komaruddin sendiri ditarik ke Mabes TNI.

Pergantian Pangdam IX/Udayana ini tertuang melalui telegram tertanggal 4 Januari 2017. Dalam telegram tersebut, Mayjen Komaruddin ditarik ke Mabes TNI dalam rangka memasuki masa pensiun. Saat dikonfirmasi NusaBali di Denpasar, Senin (8/1), Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf J Hotman Hutahaean membenarkan adanya pergantian Pangdam IX/Udayana tersebut.

Menurut Kolonel Hotman, serah terima jabatan Pangdam IX/Udayana dari Mayjen Komaruddin ke Mayjen Benny Susianto akan dilaksanakan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, 15 Januari 2018 depan. “Untuk acara (pisah sambut) di Kodam IX/Udayana, masih menunggu hasil koordinasi setelah Sertijab di Jakarta,” papar Hotman.

Mayjen TNI Benny Susianto yang akan menjabat Pangdam IX/Udayana merupakan alumnus Akademi Militer tahun 1987. Jenderal Bintang Dua TNI AD kelahiran Jakarta, 10 Desember 1963 ini, kini masih bertugas sebagai Wadanjen Akademi TNI.

Mayjen Benny cukup lama bertugas di lingkungan Kostrad. Setelah lulus Akmil tahun 1987 dan menyandang pangkat Letnan Dua, Benny ditugaskan sebagai Danton II Kompi C Yonif 432 Kostrad. Kemudian, dia dimutasi ke Yonif Linud 305/Tengkorak. Di sana, dia menempati beberapa jabatan, seperti  Danton SMS/Ban Yonif 305, Danton II Kompi C Yonif 305, Pasi-2/Ops Yonif Linud 305, dan Danki A Yonif Linud 305

Benny kemudian ditugaskan di Brigif Linud 17/Kujang I, antara lain, sebagai Kasi-1/Intel Brigif Linud 17 dan Kasi-2/Ops Brigif Linud 17. Dia kemudian balik lagi ke Yonif Linud 305 dan bertindak sebagai Wakil Komandan, sebelum akhirnya diparkir di Maarkas Kostrad sebagai Pamen Kostrad dalam rangka untuk mengikuti pendidikan di Seskoad.

Setelah mengikuti pendidikan di Seskoad, Benny ditempatkan di lingkungan Kodam V Jaya, tepatnya di Korem 051/Wijayakarta. Benny menjadi Kasiops Korem, lalu dimutasi menjadi Pabandya Ops Sopsdam Jaya. Selanjutnya, dia dipercaya memegang tongkat komando Yonif 202/Taji Malela dan juga sempat memimpin Kodim 0507 Kota Bekasi.

Benny lalu kembali lagi ke lingkungan Kostrad tepatnya di Divisi Infanteri 2/Kostrad, di sana ia menjabat sebagai Waaster dan Waasops Kasdivif 2/Kostrad. Sempat juga ia menjadi Kepala Staf Brigif Linud 18/Trisula di Malang, dan ditarik kembali ke Makostrad untuk menjadi Waasops Kaskostrad.

Pada 2010, Benny ditunjuk menjadi Komandan Brigif 1 Pam Ibukota/Jaya Sakti menggantikan Kolonel Inf Djoni Supriyanto, pangkat Benny pun naik menjadi kolonel. Kurang lebih setahun kemudian, Benny dimutasi ke Kodiklat TNI AD menjadi Paban Org Spaban Org Dirdok Kodiklat TNI AD, ia selanjutnya juga mengemban amanat sebagai Komandan Resimen Taruna Akademi Militer.

Awal tahun 2014, Benny diangkat menjadi Komandan Puspenerbad menggantikan Brigjen TNI Mochammad Afifuddin. Jabatan ini dipegang hingga Juni 2016, ketika dia dipromosikan menjadi Panglima Divif 2/Kostrad, menggantikan Mayjen TNI Ganip Warsito.

Sementara itu, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana sejak 11 April 2017 lalu. Alumnus Akademi Militer tahun 1985 yang mahir di bidang Infanteri ini kala itu menggantikan Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko---yang juga hanya 10 bulan menjabat Pangdam IX/Udayana, sejak 4 Mei 2016.

Mayjen Komaruddin pernah ditugaskan dalam Operasi Tim Tim tahun 1992, Operasi Rajawali tahun 1995, Operasi Bakti TNI tahun 1996, Operasi Pamrahwan Ambon tahun 2000 dan Operasi Aceh tahun 2005. Sedangkan riwayat penugasan di luar negeri, antara lain, di Malaysia (1993), Singapura (2007), Australia (2007), Kamboja (2007), Filipina (2007), dan Peru (2008), serta Jerman, Jepang, dan Iran. Sebelum berpangkat Jenderal TNI Bintang Dua, Mayjen Komaruddin pernah menjabat Dandim 1611 Badung (tahun 2001) dan Kasrem 163/Wirasatya. *rez

loading...

Komentar