nusabali

IMI Bali Siap Garap Potensi Slalom Mobil

  • www.nusabali.com-imi-bali-siap-garap-potensi-slalom-mobil

Pengprov IMI Bali mulai menggarap potensi Kejuaraan Slalom Mobil. Hal itu menyusul keputusan PP IMI Pusat dalam Rakernas di Jakarta.

DENPASAR, NusaBali

Yakni, seluruh Pengprov IMI menginginkan kategori slalom mobil dipertandingkan di PON Papua XX/2020. Dengan keputusan itu IMI Bali harus menyiapkan diri sejak sekarang. Demikian ditegaskan Humas IMI Bali, Gede 'Gordon' Sukarna, di Denpasar Jumat (5/1), soal usulan PP IMI mengenai penambahan slalom mobil di PB PON Papua 2020.

"Sebelumnya di nomor otomotif hanya mempertandingkan road race, baik 125 CC perorangan dan beregu, serta road race 150 perorangan dan beregu. Jika, slalom mobil disetujui akan ada penambahan nomor/medali yang diperebutkan," ungkap Gordon.

Hanya saja Gordon belum berani memastikan tentang berapa nomor/kategori Slalom dipertandingkan. "Meski baru sebatas usulan, tapi kami perlu antisipasi. Jika dipertandingkan resmi, kita harus siap menurunkan pembalap," tutur Gordon.

Karena itulah, Pengprov IMI Bali akan mendata jumlah atlet yang menekuni slalom mobil. Sebab di IMI Bali khususnya slalom mobil sempat ngetrend beberapa tahun silam. Dan, belakangan ini tidak pernah digarap lagi.

"Bisa saja ada atlet ikut kejuaraan di luar, jadi harus kami data. Bagaimana prestasi dan seterusnya.  Kami sampai saat ini masih buta kekuatan slalom Bali," tandas Gordon.

Jika benar disetujui, kata Gordon, masih ada waktu berproses menemukan atlet slalom mobil di Bali. Apalagi, penggemarnya cukup banyak di Bali. Terbukti waktu masih IMI Bali kisruh dualisme. IMI dibawah 'Afuk' Rudy Santoso sukses menggelar pertunjukan Slalom mobil di areal parkir Hardys Siyut, Gianyar. Waktu itu pesertanya cukup banyak. Gordon pun akan membahas dalam rapat IMI Bali.

Olahraga slalom mobil di Indonesia dimulai ngetrendnya drifting di Amerika dan Jepang. Sedangkan di Indonesia hampir seluruh mobil kecil dan sedan berpenggerak roda depan, jadi sangat sulit diajak drifting. Sehingga diberi nama slalom yang artinya meliuk-liukkan mobil dan keahlian mengendalikan mobil. Slalom sangat terkenal karena dapat menaikkan andrenalin. Apalagi slalom tidak membutuhkan perubahan mesin yang ekstrem. Terpenting mobil bisa 'ngesot' dan membuat penonton bertepuk tangan. *dek

Komentar