nusabali

200 Polisi Amankan Nataru 2018

  • www.nusabali.com-200-polisi-amankan-nataru-2018

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, Polres Jembrana akan mengerahkan 200 personel.

NEGARA, NusaBali

Selain pada 31 gereja se-Jembrana, fokus pengamanan menghadapi Nataru nanti juga pada sejumlah titik rawan kecelakaan,  dan Pelabuhan Gilimanuk. Guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan, polisi yang bertugas di lapangan, termasuk jajaran lalu lintas, akan dibekali senjata berupa tongkat maupun senjata api.

Hal tersebut diakui Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo di sela-sela apel pengecekan kesiapan personelnya, di Lapangan Mapolres Jembrana, Rabu (13/12).

Dalam apel tersebut, sejumlah peralatan yang dimiliki dari Satuan Sabhara maupun Satuan Lalu Lintas, turut dikeluarkan. Sejumlah peralatan tersebut, baik berupa kendaraan, senjata, termasuk jas hujan, tidak luput menjadi perhatian. “Ya kami ingin semua pasti dalam kondisi siap sebelum nanti dilaksanakan Operasi Lilin Agung nanti. Gelar pasukan akan dilaksanakan 22 Desember,” katanya.

Menurutnya, segala potensi kerawanan berkaitan dengan pelaksanaan Nataru nanti, akan berusaha diatensi secara maksimal. Baik itu kegiatan di gereja, maupun kepadatan arus lalu lintas menuju Bali. Biasanya setiap liburan Nataru, serta memasuki malam pergantian Tahun Baru nanti, kunjungan ke bali melalui Gilimanuk, selalu ramai. “Segala kerawanan sudah kami petakan. Untuk gereja, dari 35 gereja se-Jembrana, ada lima yang merupakan gereja besar. Tentunya, gereja yang memiliki jemaat dalam jumlah besar, disesuaikan peningkatan kapasitas pengamanan dan peralatannya,” ujarnya.

Khusus pada gereja dengan jumlag jemaat besar itu, pihaknya mempersiapkan security door, metal detector, termasuk ada back up Unit Penjinak Bom (Jibom) dari Satbrimob Polda Bali. Untuk mematangkan segala kesiapan tersebut, koordinasi dijalin dengan pihak terkait. Seperti setelah apel pengecekan kesiapan personel kemarin itu, pihaknya lanjut menggelar rapat koordinasi (rakor) antar instansi dengan melibatkan jajaran pihak PT ASDP Ferry Indonesia Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Detasemen C Brimob Polda Bali Gilimanuk, Badan Pencarian dan Pertolongan Kelas A Jembrana (SAR), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, termasuk sejumlah instansi lainnya.

Dalam rakor di ruang pertemuan utama (Rupatama) Mapolres Jembrana itu, dipastikan seluruh intansi terkait, sudah menyiapkan segala sarana dan prasananya. Diharapkan, segala persiapan tersebut, dipastikan telah dimatangkan, sehingga diharapkan berbagai kegiatan masyarakat dalam menjelang Nataru nanti. “Semua harapan bersama, nanti untuk Natal dan Tahun Baru semua berjalan aman, lancar dan tertib. Dimana untuk menunjang itu, khusus dari kami Polres Jembrana, akan menerjunkan 200 personel, dan sisa 329 personel yang melakukan kegiatan rutin. Nanti untuk pengaman kami juga diback up bersama dengan sejumlah instansi terkait lainnya,” jelas AKBP Priyanto Priyo Hutomo.*ode

Komentar