nusabali

DLHK Perlu Tambahan 40 Dump Truck

  • www.nusabali.com-dlhk-perlu-tambahan-40-dump-truck

Saat ini DLHK Kota Denpasar memiliki 45 dump truck. Perlu tambahan 40 unit untuk mengangkut 2.500-3.000 meter kubik sampah tiap hari.

DENPASAR, NusaBali
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar membutuhkan 40 dump truck lagi untuk bisa mengangkut 2.500-3.000 meter kubik sampah setiap harinya. Kendati sudah memiliki 45 dump truck, namun untuk mengangkut sampah setiap harinya perlu waktu ekstra dengan pengambilan sampah hingga 3-4 kali bolak balik. Terakhir pengadaan dump truck dilakukan pada 2015.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLHK Denpasar Ketut Darsana saat dikonfirmasi, Rabu (13/12), mengatakan pihaknya sudah mengajukan penambahan dump truck setiap tahun untuk memaksimalkan pengangkutan sampah.

Menurut Darsana, sejak 2016 pengajuan pengadaan dump truck sudah dilakukan namun hingga RAPBD 2018 belum mendapatkan respons positif. “Kami sudah mengajukan setiap tahun. Tapi selalu dicoret. Yang pastinya terakhir pengadaan pada tahun 2015 lalu. Dengan volume sampah sekarang in, kami idealnya memiliki 90 unit dump truck. Bersyukur 45 dump truck yang kami miliki saat ini masih bisa dipakai. Walaupun setiap harinya pasti ada kerusakan 2 atau 3 mobil,” ungkapnya.

Untuk saat ini, kata Darsana, pemerintah memilih untuk membentuk swakelola sampah pada setiap banjar yang ada di Kota Denpasar. Langkah itu untuk meminimalisir adanya penumpukan sampah pada depo-depo yang tersedia.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLHK Kota Denpasar Ketut Adi Wiguna menjelaskan bahwa pengelolaan sampah berbasis masyarakat/lingkungan sangat penting untuk mengatasi permasalahan saat ini. Dimana di setiap banjar itu diharapkan membentuk kelompok swakelola sampah. “Dengan membentuk kelompok swakelola sampah maka masalah sampah bisa diatasi di Kota Denpasar,” ujarnya. *m

loading...

Komentar