nusabali

KBS-Ace Daftar ke KPU 8 Januari

  • www.nusabali.com-kbs-ace-daftar-ke-kpu-8-januari

Calon Lawannya Belum Juga Jelas

DENPASAR, NusaBali

Pasangan Wayan Koster alias KBS (Koster Bali Satu)-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace, Cagub-Cawagub Bali yang diusung PDIP bersama PAN, dipastikan akan mendaftarkan pencalonannya ke KPU Bali, 8 Januari 2018 depan. Sejauh ini, belum diketahui siapa calon lawan KBS-Ace dalam Pilgub Bali 2018.

Kepastian KBS-Ace akan mendaftar ke KPU Bali, 8 Januari 2018 ini, diungkapkan Ketua Bappilu DPD PDIP Bali, I Gusti Ngurah Alit Kusuma Kelakan, saat dikonfirmasi NusaBali, Senin (11/12). Soal bagaimana teknis pendaftaran itu, kata Alit Kelakan, masih dirapatkan oleh Tim Pemenangan KBS-Ace. "Tapi, tanggal pendaftaran KBS-Ace ke KPU Bali sudah pasti, 8 Januari mendatang " ujar Alit Kelakan.

Teknis pendaftaran yang dimaksud Alit Kelakan adalah menyangkut jumlah massa yang dilibatkan mengantar KBS-Ace dan pola pendaftaran ke Kantor KPU Bali, Jalan Tjok Agung Tresna Niti Mandala Denpasar. Menurut Alit Kelakan, kader Banteng yang akan mengantar pendaftaran KBS-Ace ke KPU Bali nanti bakal terorganisasi.

"Berapa jumlah massa atau bagaimana modelnya untuk pendaftaran KBS-Ace nanti, masih disiapkan. Yang jelas, nanti ada perwakilan dari masing-masing DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali. Semuanya terorganisir nanti saat mendatangi KPU Bali," ujar Alit Kelakan yang mantan Wakil Gubernur Bali 2003-2008 dan anggota DPD RI Dapil Bali 2009-2014.

KBS-Ace sendiri sudah resmi direkomendasi DPP PDIP sebagai Cagub-Cawagub Bali, 11 November 2017 lalu. Wayan Koster alias KBS adalah politisi militan adal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng yang kini menjabat Ketua DPD PDIP Bali dan sekaligus anggota Komisi X DPR RI Dapil Bali tiga kali periode. Sedangkan Cok Ace merupakan tokoh pariwisata asal Puri Agung Ubud yang mantan Bupati Gianyar 2008-2013 dan kini menjabat Ketua BPD PHRI Bali.

Dalam Pilgub Bali, 27 Juni 2018 mendatang, KBS-Ace diskenariokan akan tarung head to head melawan jago yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB). Hanya saja, sejauh ini belum ada kepastian paket calon yang diusung KRB (Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-Hanura-PKPI-PKS-Perindo) sebagai Cagub-cawagub Bali. Masalahnya, masih terjadi tarik ulur antara Ketut Sudikerta dan IB Rai Dharmawijaya Mantra di posisi Cagub Bali.

Ketut Sudikerta alias SGB (Sudikerta Gubernur Bali) merupakan Ketua DPD I Golkar Bali yang kini masih menjabat Wakil Gubernur Bali 2013-2018. Sejak awal, SGB sudah direkomendasi DPP Golkar sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018. Sedangkan Rai Mantra adalah kandidat non kader yang kini Walikota Denpasar dan sebelumnya sempat mental dari poencalonan posisi Cagub di PDIP.

Hasil survei paket calon dari KRB rencananya akan dibuka di Jakarta, Selasa (12/12) ini. Ada 6 paket calon simulasi dalam survei yang dilakukan LSI Denny JA. Tiga (3) paket calon menempatkan Sudikerta sebagai Cagub, sementara 3 paket calon lagi menempatkan Rai Mantra di posisi Cagub. Keenam paket calon itu masing-masing Sudikerta-Rai Mantra (Kerta-Dharma), Sudikerta-Gede Pasek Suardika (Kerta-Pasek), Ketut Sudikerta-Wisnu Bawa Tenaya (Kerta-WBT), Rai Mantra-Sudikerta (Dharma-Kerta), Rai Mantra-Gede Sumarjaya Linggih (Dharma-Sulinggih), dan Rai Mantra-Wisnu Bawa Tenaya (Dharma-WBT).

Pasek Suardika adalah politisi asal Singaraja, Buleleng yang kini Wakil Ketua Umum DPP Hanura dan sekaligus anggota DPD RI Dapil Bali. Sebaliknya, Wisnu Bawa Tenaya adalah tokoh non kader mantan Danjen Kopassus dan Pangdam IX/Udayana yang kini menjabat Ketua Umum PHDI Pusat. Sedangkan Gede Sumarjaya Linggih alias Demer adalah politisi asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng yang kini anggota Dewan Pakar DPP Golkar dan duduk di DPR RI Dapil Bali.  

Sementara itu, KPU Bali akan membuka pendaftaran paket Cagub-Cawagub dari parpol/ghabungan parpol untuk tarung Pilgub 2018 selama tiga hari, 8-10 Januari 2018. Menurut Raka Sandi, pihaknya sudah mendapat pemberitahuan jika KBS-Ace akan mendaftar pada hari pertama, 8 Januari 2018. Pemberitahuan itu disampaikan melalui penghubung paket calon, yakni Nyoman Satria, yang noteben anggota Fraksi PDIP PDRD Badung.

Raka Sandi mengatakan, KPU Bali sudah mengundang parpol peserta Pemilu 2014 melalui Divisi Teknis dengan sosialisasi aturan sepekan lalu. KPU Bali juga koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali untuk pemeriksaan kesehatan para kandidat calon. "KPU Bali sudah siap. Mungkin jelang pendaftaran nanti, kita hanya mematangkan di internal," kata Raka Sandi di Denpasar, Senin kemarin.

KPU Bali juga sudah koordinasi dengan aparat keamanan terkait persiapan pengamanan pendaftaran paket calon. "Soal teknis pengamanan, itu sepenuhnya di kepolisian. Mudah-mudahan, pendaftaran calon sampai proses pemilihan situasinya tetap kondusif," tegas komisioner KPU asal Desa Yeh Sumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini. *nat

loading...

Komentar