nusabali

Keping e-KTP Kembali Tersedia

  • www.nusabali.com-keping-e-ktp-kembali-tersedia

Sempat kosong selama tiga hari, keping e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng kembali tersedia.

SINGARAJA, NusaBali
Pelayanan e-KTP pun dinyatakan akan kembali normal dengan cetakan KTP warga yang bersangkutan pada Senin (11/12) hari ini. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Disdukcapil Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni yang dihubungi Minggu (10/11) kemarin. Tersedianya keping e-KTP setelah pihaknya melakukan pengajuan dan penjemputan langsung ke pusat. “Kemarin tanggal 6-8 memang kita sempat kehabisan, tetapi tanggal 7 kemarin kami langsung ke pusat untuk pengajuan dan penjemputan,” ujar dia.

Namun dalam pengajuan yang melalui Pemprov Bali itu, Buleleng belum mendapatkan jatah. Sehingga Disdukcapil Buleleng kembali melakukan pengajuan dan penjemputan langsung ke pusat. Saat ini keping e-KTP yang sudah sampai di Buleleng pada Sabtu (9/12) lalu ada sejumlah 10 ribu keping.

Menurut Reika, Buleleng saat ini masih tersisa 19 ribu orang yang belum tercetak e-KTPnya, dengan status Print Ready Record (PRR). Jumlah itu dinilainya masih sangat tinggi karena Buleleng  dengan jumlah penduduk yang besar memiliki mobilitas tinggi. Sehingga yang mencetak KTP tidak hanya penduduk yang baru dinyatakan sebagai wajib KTP, namun juga perubahan elemen data. Seperti perubahan status kawin  atau cerai, termasuk mutasi penduduk.

Sementara itu pencetakan e-KTP hari ini sesuai dengan permintaan warga yang datang. Baik yang datang langsung dengan perekaman baru, maupun warga dengan Surat Keterangan (Suket) yang didapatkan sebagai pengganti KTP saat keping kosong. “Saat habis kami keluarkan Suket, memang tidak banyak karena kami juga pasang pengumuman, hanya ratusan saja, dan Senin besok, (hari ini,red) sudah bisa dicetak,” imbuh dia.*k23

Komentar