nusabali

Disbud Bantu ST Rp 23 Juta untuk Pembuatan Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-disbud-bantu-st-rp-23-juta-untuk-pembuatan-ogoh-ogoh

Dinas Kabudayaan (Disbud) Kabupaten Badung tengah melakukan pendataan dan verifikasi ulang terhadap terhadap 536 sekaa teruna (ST) di Gumi Keris.

Verifikasi Ulang Struktur Kepengurusan Sekaa Teruna

MANGUPURA, NusaBali
Verifikasi ulang struktur kepengurusan ST dilakukan terkait bantuan yang bakal dikucurkan dalam rangka mendukung kreativitas sekaa teruna pada 2018. Disbud memprogramkan seluruh ST se-Badung mendapatkan santunan masing-masing senilai Rp 23 juta untuk pembuatan ogoh-ogoh menyambut Nyepi tahun 2018. Ogoh-ogoh ini nantinya bakal dilombakan.

“Bantuan ini sesungguhnya untuk mendukung kreativitas generasi muda. Jadi masing-masing ST mendapatkan Rp 23 juta potong pajak 15 persen,” kata Kapala Disbud Badung Ida Bagus Anom Bhasma, Sabtu (9/12).

Dalam rangka pemberian bantuan tersebut, Disbud tengah melakukan pendataan terhadap seluruh ST di Badung seperti susunan kepengurusan ST dan pengesahan lembaga. “Takutnya pengurusnya ada yang berubah, maka kami data lagi. Termasuk penerima bantuan ini wajib menyertakan rekening BPD,” imbuh Anom Bhasma.

Seluruh persyaratan tersebutpaling lambat wajib diserahkan pada 22 Desember 2017 di kantor Dinas Kebudayaan di Puspem Badung. Selain ketentuan administratif, penerima bantuan juga harus mengikuti ketentuan lainnya seperti persyaratan ogoh-ogoh saat dilombakan. Di antaranya ogoh-ogoh yang dibuat wajib berwujud butakala, keutuhan karya, tinggi maksimal 5 meter, tidak bermuatan politik, mengandung unsur porno, dan tidak berunsur SARA.

“Yang terpenting lagi menggunakan bahan yang ramah lingkungan, seperti bambu, kayu, guwungan, rotan, gedeg, dan tanpa menggunakan styrofoam atau gabus,” tegas Anom Bhasma. “Jadi sebetulnya persyaratannya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.”

Bagi peserta yang dinyatakan juara, Disbud menyiapkan hadiah berupa uang tunai. Juara I memperoleh Rp 15 juta, juara II senilai Rp 12 juta, dan juara Rp 10 juta. Kemudian untuk juara harapan satu hingga tiga masing-masing senilai Rp 5 juta. *asa

Komentar