nusabali

Jaya Negara Ajak Motivasi Seluruh Desa

  • www.nusabali.com-jaya-negara-ajak-motivasi-seluruh-desa

Penghargaan tingkat Nasional diraih pemerintahan desa di Kota Denpasar Tahun 2017.

Danggri Kangin Raih Penghargaan Nasional Desa Sadar Jaminan Sosial


DENPASAR, NusaBali
Desa Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara berhasil menorehkan prestasi tingkat Nasional lewat penghargaan Desa Sadar Jaminan Sosial dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Penghargaan ini diserahkan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto diterima Perbekel Dangin Puri Kangin, I Gusti Ngurah Putrawan disaksikan Menteri Ketenagakerjaan RI Ahmid Dakhiri, Wakil Walikota IGN Jaya Negara didampingi Kadis Tenagakerja dan Sertifikasi Kompetensi Pemkot Denpasar IGA Rai Anom Suradi, Rabu (6/12) pada acara malam apresiasi 40 Tahun BPJS Ketenagakerjaan di Jakarta Ballroom XXI.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Desa Danggri Kangin yang mampu memperoleh prestasi Nasional," ujar Wakil Walikota IGN Jaya Negara. Penghargaan ini bukan sebagai puncak dari inovasi yang telah dilakukan Desa Danggri Kangin, namun menjadi cambuk dalam meningkatkan inovasi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Disamping itu penghargaan ini dapat memberikan motivasi pemerintahan desa di Kota Denpasar dalam meningkatkan pelayanan publik. "Penghargaan ini sebagai penilaian inovasi desa yang telah dilakukan pihak Desa Danggri Kangin, dan diharapkan mampu memberikan motivasi desa-desa yang ada," ujarnya.

Kadis Tenagakerja dan Sertifikasi Kompetensi Denpasar IGA Rai Anom Suradi mengatakan, Pemkot Denpasar telah melakukan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan. Setiap perusahaan yang akan mencari izin baru harus membuat pernyataan untuk membuat sertifikat ketenagakerjaan. MoU dengan PD Pasar untuk memberikan pelayanan ketenagakerjaan, serta juga memberikan BPJS Ketenagakerjaan bagi staf tenaga lampu penerangan jalan umum. Disamping itu, Pemkot juga memberikan tempat  pelayanan BPJS di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Perbekel Danggri Kangin I Gusti Ngurah Putrawan mengatakan, pihaknya melakukan pendataan lewat media online dan jemput bola dalam memfasilitasi warga melakukan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan. "Penghargaan ini sebagai motivasi untuk terus berbenah meningkatkan motivasi pelayanan," ujarnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Denpasar, Novias Dewo mengatakan, dukungan Pemkot dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan telah melakukan kerjasama. Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota Jaya Negara juga sangat mendukung memberikan percepatan pelayanan dari tingkat desa, kecamatan, pasar tradisional dan tempat di Graha Sewaka Dharma Lumintang. Tercatat untuk tahun 2017 sampai bulan November perusahaan yang telah mendaftar sebanyak 1.778 perusahaan.

Tenaga kerja penerima upah formal yang sudah terdaftar sebanyak 69.346 orang, sektor informal yang sudah mendaftar  24.784 orang. Sektor jasa konstruksi yang sudah mendaftar 179.954 orang. Hal ini ada kenaikan mencapai 39 persen di tahun 2017 ini.

Sementara Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan pusat Agus Susanto mengatakan, dengan kriteria penghargaan desa terbaik yg berperan aktif melindungi masyarakat dalam program ketenagakerjaan dinilai dari aspek regulasi, inisiatif dan jumlah prospek masyarakat desa. Kota Denpasar yakni Desa Dangin Puri Kangin menjadi satu-satunya daerah di Bali yang meraih penghargaan terbaik tingkat Nasional  sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. *m

Komentar