nusabali

Bandara Buka-tutup, Ekspor Kerajinan Lesu

  • www.nusabali.com-bandara-buka-tutup-ekspor-kerajinan-lesu

Sebagian besar perajin di Klungkung yang produknya berskala ekspor, melesu karena terdampak erupsi Gunung Agung.

SEMARAPURA, NusaBali
Perajin ini, antara lain, selongsong peluru, batok kelapa, dan lainnya. Penyebabnya, beberapa hari terakhir Bandara Ngurah Rai tutup, hingga menyulitkan perajin mengirim barang.   Karena kondisi bencana alam ini, maka perajin maupun pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Klungkung I Gede Kusumajaya, berharap kepada pemilik usaha kerajinan  tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) para  pekerjanya. “Mari bersama-sama bangkit, mudah-mudahan kondisi bencana ini segera berlalu,” harap Kusumajaya, Rabu (6/12).

Diakui, sejak terjadi erupsi Gunung Agung yang berakibat buka-tutupnya bandara, praktis menjadikan perajin yang biasanya menerima pesanan barang dari luar negeri menjadi macet. Kata dia, namun kini kondisinya berangsur-angur membaik seiring dibukanya Bandara Ngurah Rai.

Guna mengatasi lesunya perekonomian akibat erupsi Gunung Agung, kata Kusumajaya, pihaknya memang tidak bisa berbuat banyak karena bencana alam. Kendati demikian, upaya promosi akan tetap dilakukan, antara lain dengan memberikan kesempatan berpameran kepada perajin. *wan

loading...

Komentar