nusabali

Bandara Tutup, 445 WNA Dapat Izin Tinggal Keadaan Terpaksa

  • www.nusabali.com-bandara-tutup-445-wna-dapat-izin-tinggal-keadaan-terpaksa

Saat Ini Operasional Bandara Normal, 68 Penerbangan Dibatalkan

MANGUPURA, NusaBali
Selama operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditutup, Senin (27/11) dan Selasa (28/11), terdata 445 warga negara asing (WNA) diberikan izin tinggal keadaan terpaksa. Ratusan wisatawan manca negara yang overstay itu berasal dari 46 negara. Sementara itu, meski saat ini operasional bandara telah normal, sebanyak 68 penerbangan dibatalkan.  

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkum-HAM Bali Muhammad Natsir, mengatakan akibat penutupan sementara Bandara Ngurah Rai, sebanyak 445 WNA diberikan izin tinggal keadaan terpaksa. WNA yang overstay terbanyak dari Jerman (47 orang), Belanda (45 orang), dan Australia (44 orang).

“Dengan dibukanya bandara, pelayanan visa darurat tidak dilayani lagi,” ujar Natsir. Sementara itu, sebanyak 68 penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, cancel (batal). Rincian 68 penerbangan itu adalah 17 penerbangan kedatangan internasional dan 18 keberangkatan internasional, 16 kedatangan domestik dan 17 keberangkatan domestik.

Kepala Humas Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim, mengungkapkan pembatalan itu merupakan kebijakan pihak maskapai. Meskipun secara teknis dan non teknis di Bandara Ngurah Rai layak untuk aktivitas penerbangan. “Bandara Ngurah Rai layak untuk penerbangan. Itu berdasarkan data dari BMKG dan Airnav. Pembatalan penerbangan itu murni kebijakan maskapai,” kata Arie, Sabtu (2/12).

Sebagiaman dilansir Antara, sebanyak 18 jadwal keberangkatan internasional itu menuju Singapura, Don Mueang Bangkok, Perth, Kuala Lumpur, Narita Jepang, Sydney, Melbourne, Adelaide, dan Port Hedland (Australia).

Untuk kedatangan internasional yang dibatalkan sebanyak 17 jadwal dari lima maskapai penerbangan untuk rute dari Singapura, Guangzhou China, Kuala Lumpur, Melbourne, Port Hedland Australia, Adelaide, Brisbane, Don Mueang Bangkok, Sydney, dan Perth.

Pembatalan jadwal juga dilakukan maskapai nasional yakni sebanyak 16 jadwal dari empat maskapai untuk kedatangan domestik, dan 17 jadwal penerbangan dark lima maskapai untuk keberangkatan domestik.

Kota-kota yang batal dilayani dari dan menuju Bali itu yakni Jakarta, Bandung, Lombok Praya, Surabaya, Makassar, dan Jogjakarta.

Sebelumnya Bandara Ngurah Rai ditutup pada Senin (27/11) pukul 07.00 Wita hingga dibuka pada Rabu (29/11) sekitar pukul 15.00 Wita.

Arie memaparkan akibat isu abu vulkanik Gunung Agung terjadi penurunan jumlah penumpang di Ngurah Rai. Dikatakannya, pada Oktober 2017 lalu jumlah kedatangan domestik setiap harinya sebanyak 25.000 orang dan internasional 26.000 orang. Sementara jumlah penerbangan rata-rata 402 per hari. “Tren-nya setiap hari pada bulan Oktober seperti itu. Khusus untuk jumlah pesawat lebih banyak domestik,” ungkapnya.

Sementara data rekapitulasi penerbangan pada 1 Desember 2017, total penumpang keberangkatan domestik 5.424 orang dan kedatangan 5.256 orang. Sementara penumpangan keberangkatan internasional 14.436 orang dan kedatangan 4.206 orang.

“Total penumpang keberangkatan dan kedatangan sebanyak 29.322 orang. Sementara jumlah pesawat keberangkatan domestik 56 dan internasional 70. Pesawat kedatangan domestik 56 dan internasional 57. Sementara pada bulan Oktober setiap harinya sebanyak 402 penerbangan,” kata Arie. * p

Komentar