nusabali

Dinas PKP Vaksin Anjing Pengungsi

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-vaksin-anjing-pengungsi

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli melakukan vaksin pada anjing peliharaan warga pengungsi di posko pengungsian Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli, Rabu (29/11).

BANGLI, NusaBali
Vaksinasi bertujuan mengantisipasi penyebaran virus rabies. Selain membawa anjing, pengungsi juga ada yang membawa burung serta ayam aduan.

Kabid Keswan Dinas PKP Bangli, Sri Rayahu, mengatakan vaksinasi anjing milik warga pengungsi di posko pengungsian untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies. Ada 6 ekor anjing milik pengungsi yang divaksin. Sri Rahayu mengimbau warga menjaga kebersihan hewan peliharaan dan kandangnya. “Apalagi di pengungsian yang ramai warga, kebersihan dan kandang hewan mesti bersih,” jelasnya.

Sri Rahayu menegaskan, meski pengungsi mengakui hewan peliharaannya telah divaksin di tempat asal, Dinas PKP Bangli tetap melakukan vaksin baru. “Kami wajibkan anjingnya divaksin,” tegasnya. Diterangkan, jumlah populasi anjing di Bangli sebanyak 52 ribu ekor. Petugas Dinas PKP Bangli baru berhasil melakukan vaksinasi rabies 40 ribu ekor anjing. Pada tahun 2016 tercatat 21 kasus positif rabies pada anjing, sedangkan hingga akhir bulan November tahun 2017 tercatat 8 kasus. “Kasus postif rabies pada anjing terjadi penurunan dari tahun lalu. Harapan kami semakin menurun, kalau bisa nihil kasus,” ungkapnya. *e

Komentar