nusabali

Maknai Hari Jadi ke-46, Korpri Diminta Lakukan Lompatan Besar dalam Inovasi dan Kreativitas

  • www.nusabali.com-maknai-hari-jadi-ke-46-korpri-diminta-lakukan-lompatan-besar-dalam-inovasi-dan-kreativitas

Memaknai Hari Jadi ke-46, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diminta melakukan lompatan besar dalam inovasi dan kreativitas.

DENPASAR, NusaBali

Harapan itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada apel peringatan HUT Korpri di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (29/11).

Selain mendorong lompatan besar, Presiden Joko Widodo mengharapkan jajaran Korpri melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas. “Korpri harus menjadi pilar utama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Aparatur Sipil Negara saya harapkan dapat menjadi agen perekat kebhinekaan,”imbuhnya. Ia menilai, Korpri sebagai organisasi profesi yang mewadahi ASN mempunyai peran yang sangat vital dalam menyukseskan program pembangunan. Saat ini, ujar Presiden Jokowi, pemerintah tengah menggencarkan pembangunan di kawasan pinggiran dengan pemerataan infrastruktur fisik hingga pemenuhan dasar masyarakat. “Korpri harus bisa menjadi penghubung, antara masyarakat dengan pemerintah agar kita bisa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,”ujarnya.

Pada bagian lain, Presiden Jokowi juga mengingatkan tantangan yang harus dihadapi di era persaingan terbuka. Menurutnya, inovasi dan perkembangan teknologi global tidak hanya membawa kemudahan pada kehidupan sehari-hari, tetapi mampu mengubah lanskap ekonomi, kehidupan sosial politik hingga kehidupan berbangsa negara. Jokowi menilai, sektor swasta telah menyadari hal tersebut dan mulai berlari dengan sangat cepat. Mencermati hal ini, setiap anggota Korpri harus terpacu untuk memperbaiki diri, tinggalkan pola lama dan perkuat semangat debirokratisasi. “Jangan pernah berhenti berinovasi, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan terobosan layanan publik yang efektif efisien, transparan dan akuntabel. Kejar ketertinggalan agar mampu menjawab tuntutan publik yang semakin tinggi,”imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada segenap jajaran Korpri atas sumbangsih dan pengabdian kepada bangsa, negara dan masyarakat. Apel Peringatan HUT Korpri diikuti Pejabat Struktural serta ASN di lingkungan Sekda Provinsi Bali. *

Komentar