nusabali

Cuaca Ekstrem, Air PDAM Keruh dan Bau

  • www.nusabali.com-cuaca-ekstrem-air-pdam-keruh-dan-bau

Akibat hujan deras, pipa PDAM Tabanan di sejumlah titik putus dan bocor. Akibatnya, air menjadi kecoklatan dan bau.

TABANAN, NusaBali

Cuaca ekstrem belakangan ini mengganggu pelayanan PDAM Tabanan. Yang dikeluhkan pelanggan adalah kwalitas air yang keruh dan bau. Untuk menyikapi hal itu PDAM telah melakukan pengurasan dan pembenahan pipa.

Kabag Hubungan dan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya didampingi Kasubag Humas PDAM Tabanan I Gede Wijana Arnawa, menjelaskan memang muncul keluhan pelanggan atas kwalitas air yang keruh. Menurutnya, kondisi ini dipengaruhi oleh cuaca belakangan ini yang ekstrem sehingga ada gangguan distribusi.

“Terjadi perubahan warna air, menjadi kecoklatan dan juga bau. Ini murni karena cuaca ekstrem,” ungkap Marjaya, Rabu (29/11).

Menurutnya sudah dilakukan penanganan dan pengurasan di bak distribusi yang ada di Banjar Kamasan dan Banjar Dangin Carik, Kecamatan Tabanan. “Kami sudah tangani hal itu, sudah cepat dikuras. Tingkat kekeruhan tidak lama, hanya beberapa jam,” imbuhnya.

Marjaya mengakui akibat cuaca ekstrem ini, ada juga beberapa pipa yang putus dan pipa bocor di empat titik. Keempat titik dimaksud adalah di Banjar Pangkung Nyuling, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, akibat jalan putus. Kemudian di Desa Pandak Gede, Kecamatan Kediri, pipa transmisi bocor. Selanjutnya di Desa Dajan Puri, Kecamatan Marga, pipa terputus karena tergerus air hujan.

Kemudian di Banjar Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan,  pelayanan terganggu akibat listrik padam. “Selain empat titik ini, ada juga gangguan pompa di Banjar Nyanyi, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, yang terganggu akibat derasnya air sehingga pompa tidak berjalan maksimal,” beber Sumarjaya.

Atas kondisi tersebut, pihaknya menyampaikan permakluman kepada pelanggan. Karena ini kondisi alam yang tidak bisa diprediksi bahkan tidak diketahui intensitas curah hujan. “Asal sudah tiga jam hujan lebat, kami juga siaga karena sudah pasti ada laporan saluran terganggu. Intinya untuk pelayanan kami siaga 24 jam, sudah ada petugas-petugas yang stand by,” tandas Marjaya. *d

loading...

Komentar