nusabali

DPD II Golkar Se-Bali Bentengi SGB

  • www.nusabali.com-dpd-ii-golkar-se-bali-bentengi-sgb

Sudikerta berharap Rai Mantra jadi tandemnya untuk tarung head to head melawan KBS-Ace di Pilgub Bali 2018

Kompak Pertahankan Komitmen Dukung Sudikerta sebagai Cagub

DENPASAR, NusaBali
DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali kompak dukung Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta, sebagai Calon Gubernur (Cagub) ke Pilgub Bali 2018. Pertimbangannya, Sudikerta sebelumnya sudah dideklarasikan DPD II Golkar se-Bali sebagai Cagub Bali dengan tajuk SGB (Sudikerta Gubernur Bali), disertai rekomendasi dari DPP Golkar.

Kesepakatan untuk bentengi SGB sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018 ini diambil dalam pertemuan DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali di Rumah Apresiasi Sudikerta, Jalan Drupadi Niti Mandala Denpasar, Rabu (22/11) malam. Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung selama 2 jam mulai petang pukul 18.00 Wita hingga malam pukul 20.00 Wita tersebut, SGB hadir selaku Ketua DPD I Golkar Bali. SGB didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Daerah DPD I Golkar Bali, I Gusti Putu Wijaya, yang notabene Ketua Tim Pemenangan Pilgub Golkar Bali.

Nakhoda partai yang hadir dalam pertemuan tadi malam masing-masing Ketua DPD II Golkar Badung I Wayan Muntra, Ketua DPD II Golkar Denpasar I Wayan Mariyana Wandira, Ketua DPD II Golkar Tabanan I Ketut Arya Budi Giri, Ketua DPD II Golkar Jembrana I Wayan Suardika, Ketua DPD II Golkar Bangli I Wayan Gunawan, dan Ketua DPD II Golkar Klungkung I Made Ariandi. Yang absen hanya tiga orang, yakni Ketua DPD II Golkar Buleleng I Putu Singyen, Ketua DPD II Golkar Karangasem I Made Sukerana, dan Ketua DPD II Golkar Gianyar Made Dauh Wijana. Namun, ketiganya sudah konfirmasi bahwa mereka kompak dukung Sudikerta jadi Cagub Bali.

Dukungan DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali ini tadi malam sekadar menguatkan kembali komitmen mereka terhadap SGB, yang dideklarasikan di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Denpasar, 24 Mei 2017 lalu. Dalam acara bertajuk ‘Deklarasi SGB dan Konsolidasi Partai’ di areal Monumen Bajra Sandhi kala itu, rekomendasi Cagub Bali untuk SGB diserahkan langsung Ketua Umum DPP Golkar, Setya Novanto, didampingi Sekjen DPP Golkar Idrus Marham. Acara dek-larasi SGB saat itu juga dihadiri langsung Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Seusai pertemuan tadi malam, Ketua DPD II Golkar Badung Wayan Muntra menegstakan sesuai proses awal, DPD II Golkar Kabupaten/Kota se-Bali tetap komitmen dengan rekomendasi DPP Golkar bahwa Sudikerta menjadi Cagub Bali, bukan Cawagub. DPD II Golkar se-Bali pun sarankan Sudikerta segera menentukan tandemnya di posisi Calon Wakil Gubernut (Cawagub).

"Kita DPD II Golkar se-Bali komitmen dengan apa yang dideklarasikan sebelumnya (24 Mei 2017, Red). SGB bisa meraih kemenangan dan Partai Golkar bisa meraih kemenangan di Pilgub Bali 2018. Kita berharap Pak Sudikerta amankan mandat DPD II Golkar se-Bali ini," tegas Wayan Muntra, politisi Golkar asal Banjar Sawangan, Desa Peminge, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Para Ketua DPD II Golkar se-Bali pun bertekad untuk memenangkan Sudikerta di Pilgub Bali 2018. "Kita targetkan SGB menang di Pilgub Bali. Itu sudah harga mati," tandas Ketua DPD II Golkar Tabanan, Ketut Arya Budi Giri (ABG).

Sedangkan Ketua DPD II Golkar Bangli, Wayan Gunawan, menegaskan seluruh DPD II Golkar se-Bali tegas mendukung Sudikerta sebagai Cagub. Kalaupun ada Ketua DPD II Golkar yang tidak hadir dalam pertemuan semalam, itu bukan masalah. Sebab, menurut Gunawan, mereka sebelumnya sudah konfirmasi untuk komit dengan dukungan awal terhadap SGBi. "Seluruh Ketua DPD II Golkar se-Bali sudah sepakat dan berkomitmen mendukung SGB," ujar Gunawan yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali.  

Selain karena komitmen awal, ada beberapa pertimbangan lagi kenapa DPD II Golkar se-Bali bulat mendukung Sudikerta jadi Cagub Bali ke Pilgub 2018. Salah satunya, karena masyarakat ingin program Bali Mandara dilanjutkan oleh Sudikerta yang kini menjabat Wakil Gubernur Bali 2013-2018. Selama ini, program Bali Mandara yang dilaksanakan Gubernur Made Mangku Pastika-Wagub Sudikerta sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Aspirasi masyarakat supaya program Bali Mandara dilanjutkan Pak Sudikerta," tegas Ketua DPD II Golkar Jembrana, Wayan Suardika.

Sementara itu, Sudikerta mengatakan apresiasi atas dukungan bulat DPD II Golkar se-Bali agar dirinya menjadi Cagub, bukan Cawagub. "Aspirasi para Ketua DPD II Golkar se-Bali ini saya hargai. Ada keinginan saya berpasangan dengan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Itu kita apresiasi dan kita berjuang bersama-sama di Pilgub Bali nanti," ujar Sudikerta.

Sudikerta menegaskan pihaknya menyiapkan tarung head to head melawan KBS-Ace (Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati), pasangan Cagub-Cawagub yang diusung PDIP, di Pilgub Bali 2018 mendatang. Kalaupun ada skenario Kerta-Dharma di Koalisi Rakyat Bali (KRB)---koalisi beranggotakan Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-Hanura-PKPI-PKS-Perindo---, itu merupakan dinamika politik yang berkembang. "Pada saatnya nanti, kita tarung head to head," tegas politisi Golkar asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini. *nat

Komentar