nusabali

Siswi SMP Divaksin Anti Kanker Payudara

  • www.nusabali.com-siswi-smp-divaksin-anti-kanker-payudara

Pemkab Gianyar melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang Gianyar memberikan vaksin imunisasi HPV (Human Papiloma Virus) pada remaja putri.

GIANYAR, NusaBali

Tahun ini, bertepatan dengan bulan deteksi dini kanker servik dan kanker payudara nasional, pemberian vaksinasi HPV dilakukan secara serentak untuk siswi kelas VII di SMPN 1 Gianyar, Senin (20/11).

Ketua YKI Cabang Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra memaparkan pemberian imunisasi HPV terhadap remaja putri telah dimulai sejak tahun 2015 dengan sasaran 1.220 orang dan anggaran Rp 1.945.267.000. Di tahun 2016 sasaran meningkat menjadi 1.604 orang dengan 4812 vial vaksin dan anggaran Rp 2.262.640.000. Tahun 2017 siswi yang disasar  4.159 orang, khusus siswi SMP kelas VII 2.902 dan 1.257 orang remaja putri berprestasi dari keluarga riwayat kanker. Disediakan 9.579 vial vaksin dengan alokasi anggaran Rp 4.644.360.000. Total anggaran Pemkab Gianyar dalam pemberian vaksin HPV untuk tiga tahun terakhir Rp 8.852.267.000.

Selain pemberian vaksin, YKI bersama dengan dinas/instansi terkait juga rutin memberikan sosialisasi tentang penanganan kanker sejak dini. Kunjungan dan pemberian bingkisan kepada survevor kanker juga rutin dilakukan, agar mereka semangat dalam menjalani pengobatan. Untuk tingkat sekolah guna mengedukasi siswa tentang penanganan  kanker sejak dini, dilakukan melalui lomba Penanganan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat SD dan SMP.

AA Istri Regina Baswarani, salah seorang siswa kelas VII A SMPN 1 Gianyar, mengaku cukup deg degan menunggu giliran disuntik. Meski takut, siswi asal Banjar Triwangsa, Kelurahan Bitera, Gianyar, mantap untuk divaksin HPV. Dia mengaku sering membaca tentang bahaya kanker servik, bahkan beberapa waktu lalu ada artis Julia Peres yang meninggal karena kanker serviks. Karena itulah dia bersama teman-teman sangat bersyukur ada program HPV gratis ini.

Bupati Gianyar diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan  dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Gianyar, I Wayan Suardana mengatakan, upaya penanggulangan kanker bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi bila tidak ditunjang oleh lingkungan yang sehat. Oleh karena itu pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya kanker harus senantiasa dikampanyekan secara terus menerus di masyarakat. Suardana juga mengajak para siswa dan seluruh lapaisan masyarakat untuk berprilaku cerdik (cek kesehatan secara teratur, rajin beraktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup dan mampu kelola stress dengan baik). *lsa

Komentar