nusabali

Bupati Cek Pembangunan Dermaga Pesiar Tanah Ampo

  • www.nusabali.com-bupati-cek-pembangunan-dermaga-pesiar-tanah-ampo

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengecek pembangunan lanjutan Dermaga Pesiar Tanah Ampo, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (20/11).

AMLAPURA, NusaBali

Pembangunan lanjutan yang dibuat yakni break water dan jetty ramdor. Bupati Mas Sumatri sekaligus memotivasi rekanan agar menuntaskan pekerjaan sesuai agenda yakni pada tanggal 15 Desember 2017. Sehingga kapal pesiar bisa lego jangkar dengan menurunkan penumpang diangkut dari kapal menuju dermaga menggunakan sekoci.

Pembangunan dermaga pesiar Tanah Ampo terbengkalai sejak tahun 2010. Selama kurun waktu 6 tahun tidak ada kepastian. “Makanya kami berjuang ke pusat, melobi Kementerian Perhubungan, disetujui anggaran Rp 50 miliar setelah ditenderkan pemenang menawar Rp 49,4 miliar sehingga terealisasi seperti yang kita saksikan,” jelas Bupati Mas Sumatri. Bupati didampingi Kepala Dinas Perhubungan Ida Bagus Putu Suastika serta sejumlah pimpinan OPD lainnya memantau pembangunan pemasangan tiang pancang di areal break water sepanjang 100 meter dari bibir  pantai ke laut yang merupakan perluasan dermaga dengan sistem break water.

Break water untuk pemecah gelombang. Sedangkan jetty ramdor untuk tempat sandar sekoci yang digunakan menurunkan dan menaikkan wisatawan pesiar. Pengerjaan proyek itu mulai 18 Agustus ditarget tuntas 15 Desember 2017. “Target jangka pendek, kapal pesiar bisa datang kembali, sehingga industri pariwisata kembali bergairah di Karangasem. Secepatnya awal tahun 2018 bisa dioperasikan,” tambah Bupati Mas Sumatri. Sementara Kadis Perhubungan IB Putu Suastika juga optimis kapal pesiar kembali datang. Sebelum ada dermaga, kapal pesiar secara rutin datang, lego jangkar di Teluk Labuhan Amuk, selanjutnya wisatawan diantar gunakan sekoci merapat di Pelabuhan Padangbai. *k16

Komentar