nusabali

Tiga Siswa Juara Umum Lomba Debat Hukum Nasional

  • www.nusabali.com-tiga-siswa-juara-umum-lomba-debat-hukum-nasional

Salah satu dari tiga siswa SMAN 2 Semarapura, I Komang Dananjaya, juga dinobatkan sebagai The Best Speaker atas kepiawaiannya dalam menyampaikan pendapat saat debat

SMAN 2 Semarapura-Klungkung Kembali Rengkuh Prestasi Tingkat Nasional


SEMARAPURA, NusaBali
Tiga siswa SMAN 2 Semarapura, Klungkung tampil sebagai juara umum dalam ajang ‘National Law Debate Competition’ (Lomba Debat Hukum Nasional) di Surabaya, 3-5 November 2017. Bukan hanya juara umum, salah satu siswa SMAN 2 Semarapura juga dinobatkan sebagai ‘The Best Speaker’ (Pembicara Terbaik) dalam lomba debat tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Surabaya, Jawa Timur tersebut.

Para siswa SMAN 2 Semarapura yang berjaya dalam Lomba Debat Hukum Nasional tersebut masing-masing I Gusti Ngurah Rusma Wibawa Putra, 16, I Komang Dananjaya, 16 dan Ayu Merta Corelia Wati, 16. Siswa yang dinobatkan sebagai Pembicara Terbaik adalah I Komang Dananjaya. Gelar itu diperoleh Komang Dananjaya atas kepiawaiannya dalam menyampaikan pendapat saat debat.

Sebelum berjaya menjuarai Lomba Debat Hukum Nasional di Surabaya, ketiga siswa SMAN 2 Semarapura ini sempay menorehkan prestasi oke dalam ‘Lomba Debat Ilmiah Himpunan Mahasiswa Program Studi Analisis Kimia’ yang digelar Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, 21 Oktober 2017 lalu. Kala itu, mereka tampil sebagai juara dan berhak atas Piala Bergilir Rektor Undiksha Singaraja.

Berselang dua pekan kemudina, mereka tampil sebagai juara umum dan raih predikat The Best Speaker dalam ‘Lomba Debat Hukum Nasional’ di Surabaya. Trio IGN Rusma Wibawa Putra, I Komang Dananjaya, dan Ayu Merta Corelia Wati berhasil mengatasi perwakilan dari berbagai daerah se-Indonesia.

Materi debat yang dilombakan dalam babak final hingga mengantarkan tiga siswa SMAN 2 Semarapura sebagai juara umum adalah tentang ‘Penghapusan Kerahasiaan Bank dalam UU Perbankan’. Penghapusan ini untuk memberikan transparansi pengelolaan uang di bank.

Dalam debat kala itu, trio siswa SMAN 2 Semarapura tegas menyatakan tidak setuju terhadap penghapusan kerahasiaan bank tersebut. Alasannya, masalah keamanan. Pasalnya, saat ada kerahasiaan bank saja, sudah terjadi tindak kejahatan lewat dunia maya (cyber crime). “Kalau sampai kerahasiaan itu dibuka, celah untuk melakukan tindakan kejahatan akan lebih terbuka,” ujar wakil SMAN 2 Semarapura, IGN Rusma Wibawa, saat ditemui NusaBali do sekolahnya, Kamis (16/11).

“Memang penghapusan kerahasisaan bank itu baik untuk tranpsarasi keuangan. Namun, ada dampak lain yang harus dipertimbangkan, seperti faktor kejahatan cyber crime,” lanjuIGN Rusma Wibawa.

Sementara, kendati akhirnya keluar sebagai juara umum, tim SMAN 2 Semarapura sempat tegang saat persiapan ‘Lomba Debat Hukum Nasional’ di Surabaya. Maklum, mereka baru pertama kali maju ke tingkat nasional.

“Ketika itu, kami belum ada bayangan akan berhadapan dengan perwakilan siswa se-Indenesia,” tutur IGN Rusma Wibawa, yang diamini dua rekannya: Komang Dananjaya dan Ayu Merta Corelia Wati. “Namun, berkat motivasi yang diberikan pihak sekolah dan para orangtua, mereka jadi percaya diri dan akhirnya tampil sebagai juara umum.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 2 Semarapura, I Gusti Lanang Made Puji, mengaku bangga atas perolehan prestasi yang diraih anak didiknya dalam ajang ‘Debat Hukum Nasional’ di Surabaya. Itu artinya perjuangan yang dilakukan sejak masa persiapan, membuahkan hasil maksimal.

Menurut Kasek Lanang Puja, sebelum berangkat ke Surabaya, trio IGN Rusma Wibawa Putra, I Komang Dananjaya, dan Ayu Merta Corelia Wati telah mendapat pemantapan dari guru pembinanya. “Kita memiliki slogan ‘tampil dengan persiapan, turun dengan kehormatan’. Sykurlah anak-anak berhasil menjadi yang terbaik,” tandas Kasek Lanang Puja di SMAN Semarapura, Kamis siang.

Kasek Lanang Puja menegaskan, dengan slogan ‘tampil dengan persiapan, turun dengan kehormatan’ tersebut, persiapan menjadi sangat penting, Para siswa menjadi terlatih dan terimpil saat kompetisi yang sesungguhnya. “Ini sudah menjadi budaya di SMAN 2 Semarapura,” katanya bangga.

Dengan slogan dan budaya yang dianut, para siswa SMAN 2 Semarapura sudah berhasil menorehkan berbagai prestasi tingkat nasional maupun regional. Sekolah favorit di Klungkung ini, antara lain, sukses menyabet Piala Bergilir Toursm Olympic V Se-Jawa-Bali-NTB-NTT, 18-19 September 2017 lalu.

Dalam ajang ‘Toursm Olympic V Se-Jawa-Bali-NTB-NTT’ kala itu, SMAN 2 Semarapura menerjuinkan 5 siswa untuk bertarung di beberapa kategori. Pada akhirnya, mereka sabet gelar juara kategori ‘Tourism Quis’ melalui trio I Gede Raditya Nandhika Dhiartha, 17, I Gusti Ngurah Rusma Wibawa Putra, 16, dan Olgheri Paco Syah Rabani, 17. Sedangkan siswi atas nama Putu Nanda Pricilia Dewi, 17, berhasil menduduki peringkat III kategori ‘Spect Contest’. Sebaliknya, I Putu Jodi Setiawan, 17, tembus 10 besar kategori ‘Guiding Contest’. *wa

Komentar