nusabali

Sosialisasi Dana Desa di Kabupaten Badung

  • www.nusabali.com-sosialisasi-dana-desa-di-kabupaten-badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menerima Tim Sosialisasi Dana Desa dari anggota III dan IV BPK RI serta anggota Komisi XI DPR RI di ruang Kertha Gosana Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala, Kamis (16/11).

Sosialisasi Dana Desa di Kabupaten Badung


MANGUPURA, NusaBali
Tim sosialisasi yang hadir, anggota IV BPK RI DR.H. Harry Azhar Aziz, MA, ACHsanul Qosasi anggota III BPK RI, Abdul Rahman Farisi, SE, MSE tenaga Ahli anggota IV BPK RI, I Gst. Agung Rai Wirajaya anggota Komisi XI DPR RI dan Dori Santosa SE, MM Auditor utama BPK.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa dan para pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, serta anggota DPRD Badung Gede Aryanta.

Berkaitan dengan substansi dan esksensi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Dana Desa khususnya di Kabupaten Badung, Wabup Suiasa menyatakan sangat memiliki nilai strategis dan penting sekali. “Sosialisasi Dana desa ini sangat penting dalam rangka menerapkan prinsip-prinsip transparan, akuntibilitas kita dalam pelaksanaan penggunaan dan pemanfaatan Dana Desa tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Wabup Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung telah berusaha secara maksimal melakukan pembinaan, pengawalan dan kontrol kepada desa yang mendapatkan Dana Desa dan ADD. Hal itu dilakukan sebagai wujud komitmen untuk menegakkan aturan yang berlaku.

Pemerintah, katanya lagi, telah menjalin komunikasi dengan lembaga-lembaga negara yang memiliki kewenangan untuk melakukan kontrol dibidang aturan-aturan hukum, salah satunya Kejaksaan untuk melakukan pendampingan untuk mendapatkan pertimbangan-pertimbangan hukum. Demikian juga telah dilakukan kerjasama dengan BPKP untuk dapat memberikan pendampingan dalam hal kegiatan-kegiatan perencanaan pembangunan yang berskala besar. Selain itu pembinaan juga telah dilakukan oleh Inspektorat.

“Dengan upaya-upaya yang telah dilakukan diharapkan dapat menjadikan penyelenggara Pemerintahan Desa semakin mapan, bertanggungjawab dan semakin maju,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa juga tak lupa menyampaikan secara umum kondisi Kabupaten Badung yang memiliki luas 841 km2 dengan jumlah penduduk 463.000 jiwa terdiri dari 6 Kecamatan, 46 Desa dan 16 Kelurahan. Disampaikan pula kondisi Desa Adat yang mana di Kabupaten Badung memiliki 122 Desa Adat. *asa

Komentar