nusabali

Tabanan Minus GOR Porprov

  • www.nusabali.com-tabanan-minus-gor-porprov

Sebenarnya ada tempat milik provinsi di Banjar Taman, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan. Itu tanah Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan.  Kalau dimanfaatkan demi kepentingan umum, saya rasa itu sangat positif.

Satu Gedung di Debes Dinilai Kurang

TABANAN, NusaBali
Tabanan sebagai tuan rumah Porprov Bali 2019 masih minus satu venue gelanggang olahraga (GOR).  Hal itu diakui Ketua Umum KONI Kabupaten Tabanan, Dewa Gde Ary Wirawan. Menurutnya, sampai saat ini baru memiliki GOR Debes Tabanan. Itupun masih memerlukan renovasi untuk menggelar pertandingan multi event dua tahunan antarkabupaten/kota di Bali.

"Kami akui baru memiliki satu GOR di Debes, Tabanan.  Idealnya minimal harus punya dua GOR yang representatif," ungkap Ary Wirawan, di Tabanan, Selasa (14/11).

Untuk itu, Ary Wirawan ada bayangan apakah membangun satu GOR lagi atau tidak. Sebab dari sisi lokasi sebenarnya ada tempat milik provinsi di Banjar Taman, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan. Luasnya hampir dua hektar.  Dari informasi itu tanah Pemprov Bali dan Pemkab Tabanan.

"Kalau dimanfaatkan demi kepentingan umum, saya rasa itu sangat positif. Apakah bisa membangun satu GOR lagi atau bagaimana ke depannya. Sebab, kekurangan GOR itu harus ditutupi dengan memanfaatkan apa yang ada," ucap Ary Wirawan.

Untuk itu dalam waktu dekat ini, Ary Wirawan akan menemui Wakil Bupati Tabanan, Komang Sanjaya. Sebab, abanan masih punya waktu 1,5 tahun untuk persiapan Porprov.

Namun langkah terdekat yang dilakukan, kata Ary Wirawan, memulai persiapan yakni Kejurprov dan Kejurnas ditarik ke Tabanan. Termasuk perbanyak kegiatan di Tabanan.

Demikian juga di akhir tahun ini, DED perbaikan GOR Debes Tabanan sudah rampung. Termasuk perencanaanya lainnya, sehingga awal 2018 mulai bekerja pembangunan venue.

"Mungkin venue renang pinjam di Badung, sedangkan venue lainnya mudah-mudahan dihelat di Tabanan," harap Ary Wirawan.

Arahnya renovasi atau membangun tempat baru, termasuk berjuang mencari dan memanfaatkan dana BKK Provinsi. Juga mengajukan dana ke Menpora. Tapi terpenting perencanaan dulu. Juga diharapkan Pemerintah Daerah bisa melakukan lobi lewat jalur politik.

"Kami kan punya juga wakil rakyat di Bali, apalagi selaku Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama," terang Ary Wirawan. Rencananya nanti, untuk Porprov dilakukan penyebaran venue di masing-masing Kecamatan. Karena juga untuk pengenalan olahraga, tidak olahraga masyarakat Kota saja, tapi untuk daerah. Salah satu contoh di Pupuan ada banyak petembak dari sana.

"Kami akan memanfaatkan potensi lokal yang ada. Termasuk rancangan pembukaan nanti sedikit berbeda. Seperti pawai berjalan, dipusatkan di depan kantor Bupati Tabanan," kata Ary Wirawan. *dek

Komentar