nusabali

Bali United ke Asia, Tunggu Akhir Bulan

  • www.nusabali.com-bali-united-ke-asia-tunggu-akhir-bulan

Tiga klub Liga 1 Indonesia, Bali United, Persija Jakarta dan Madura United (MU) berpeluang mengikuti kejuaraan Asia pada musim depan.

JAKARTA, Nusa Bali

Namun keputusan akhir mengenai nasib tiga wakil Indonesia itu baru ditentukan akhir bulan ini oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC). Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, menjelaskan akan ada pembahasan lebih lanjut dalam pertemuan AFC akhir bulan ini di Bangkok, Thailand. Namun sebelum itu, PSSI akan lebih dulu menyetor nama-nama klub yang mewakili Indonesia pada 22 November ini.

"Rapat tersebut untuk melihat kuota tim yang berlaga di kompetisi AFC," ujar Joko Driyono, di Jakarta, Selasa (14/11) "Namun, untuk nominasi (klub) yang dikirim, PSSI akan memutuskan pada 22 November nanti," kata Joko Driyono.

Jika melihat peluang yang ada, Bali United, Persija dan Madura merupakan klub terdepan berlaga di kejuaraan Asia. Hal itu tidak lepas dari kuota tiga tim yang diberikan untuk Indonesia (1 slot kualifikasi Liga Champions Asia dan dua di AFC Cup).

Klub peserta pun harus memenuhi beberapa aspek penting seperti lisensi hingga aspek supporting (berdasarkan klasemen akhir Liga 1). Sejauh ini baru lima klub Indonesia yang lolos verifikasi AFC yakni tiga klub tersebut ditambah Arema FC dan Persib Bandung.

Namun Arema FC bisa bermain di Asia andai ada kendala dari tiga klub sebelumnya. Pasalnya dalam aturan resmi, klub yang boleh diikutsertakan (aspek supporting) adalah dari peringat pertama hingga sembilan.

"Aspek lisensi itu jadi yang utama, berikutnya ada supporting yang mengenai klasemen di Liga. Perlu ditegaskan disini hanya klub dari peringkat satu sampai sembilan yang berhak ke Asia dengan catatan lolos verifikasi," jelas Sekjen PSSI, Ratu Tisha. *

Komentar