nusabali

48 JAM BALI SUSTAINABILITY JAM BERHASIL MENDESAIN SOLUSI ATAS ISU-ISU KEBERLANJUTAN

  • www.nusabali.com-48-jam-bali-sustainability-jam-berhasil-mendesain-solusi-atas-isu-isu-keberlanjutan

Untuk pertama kalinya, Bali bergabung bersama puluhan kota lain di dunia dalam Global Sustainability Jam 2017. Dengan nama Bali Sustainability Jam Denpasar, diharapkan keikutsertaan kali ini mampu berkontribusi memberikan perubahan ke arah yang lebih baik.

Gianyar,12 November 2017– 24 peserta yang disebut jammer antusias bertukar pengalaman,memetakan masalah dan berbagi ide dalam Bali Sustainability Jam 2017 yang diselenggarakan sejak Jumat, 10 November lalu di Kulidan Kitchen and Space. Tak hanya Bali, mereka yang sangat antusias dengan isu-isu berkelanjutan ini datang dari Jakarta hingga Yogyakarta.

Latar belakang, pengalaman, profesi hingga usia yang beragam ini justru menjadikan Bali Sustainability Jam jauh lebih menarik. Bagaimana latar belakang pekerjaan di bidang teknik, lingkungan, pariwisata, LSM, oil&gas, start-up, dan komunikasi, hingga mahasiswa, duduk bersama mencoba memecahkan suatu masalah hingga tercipta prototype sebagai solusi yang berkelanjutan.

Cinta Azwiendasari, perwakilan dari Catalyze Communications selaku pihak penyelenggara mengungkapkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan misi Catalyze yang selalu memberi inspirasi dan mempengaruhi orang untuk kebaikan yang lebih berkelanjutan. “Kami menyadari bahwa dalam melakukan hal ini, kita juga perlu mengubah pola pikir bagaimana orang mendekati masalah keberlanjutan, khususnya di Indonesia,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa prinsip dasar pendekatan Global Sustainability Jam inilah yang menjadi akar peran Catalyze. “Kami percaya jika solusi-solusi yang kita bangun untuk mengatasi persoalan lingkungan tidak mempertimbangkan perilaku dan sikap manusia, maka solusi tersebut tidak akan efektif.

Perkembangan solusi ramah lingkungan - mulai dari penggunaan energi berkelanjutan hingga menghindari pembakaran sampah sembarangan misalnya - hanya akan berhasil jika ada manfaat yang jelas bagi pengguna. Sayangnya saat ini, hal-hal seperti ini jarang dipertimbangkan oleh pemangku kepentingan di dunia lingkungan”, tambahnya.

Bali Sustainability Jam 2017 merupakan bagian dari Global Sustainability Jam yang merupakan acara tahunan tempat berkumpulnya para peminat isu keberlanjutan guna bersama-sama menggali ide dan mendesain solusi atas sebuah isu yang tertuang dalam tema besar. Kegiatan ini berlangsung serentak di dunia, mulai dari Sydney hingga New York dan dari Bogota hingga Bali.

Kegiatan akhir pekan selama 48 jam ini terlaksana berkat kerja keras sebuah tim kecil penuh energi dan semangat yang berbasis di Catalyze. Acara yang berbasis kerelawanan ini mampu meyakinkan banyak pihak dan berhasil mendapatkan dukungan dalam bentuk produk dan jasa.

Beberapa media lokal Bali pun tidak ketinggalan mendukung dengan menjadi mitra media. Bali Sustainability Jam sangat diupayakan menjadi salah satu contoh kegiatan yang menuju zero waste . Hal ini sangat mungkin terlaksana berkat tim penyelenggara yang solid, peserta yang peduli lingkungan, juga para mitra dan pendukung dengan misi yang sama. *

Komentar