nusabali

Soroti Larangan Pungutan Desa Pakraman

  • www.nusabali.com-soroti-larangan-pungutan-desa-pakraman

MUDP Bali menyayangkan jika sampai Tim Saber Pungli melakukan penindakan atau penangkapan terkait aktivitas pungutan yang dilakukan di desa pakraman, jika sudah dibarengi dengan aturan jelas

Besok, MUDP Bali Gelar Pesamuhan Agung VI


DENPASAR, NusaBali
Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali menyoroti wacana pelarangan pungutan yang dilakukan desa pakraman atau desa adat yang dikhawatirkan sejumlah pihak, termasuk pungutan liar.

"Bagi kami, pungutan boleh dilakukan sepanjang ada aturannya di desa pakraman, dapat dipertanggungjawabkan, objeknya jelas, tempatnya jelas, maupun tata cara penggunaannya jelas," kata Ketua atau Bendesa Agung MUDP Provinsi Bali Jero Gede Suwena Putus Upadesha, saat jumpa pers di Kantor Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Senin (13/11).

Pihaknya juga menyayangkan jika sampai Tim Saber Pungli melakukan penindakan atau penangkapan terkait aktivitas pungutan yang dilakukan di desa pakraman, jika sudah dibarengi dengan aturan jelas, dan itu bukan termasuk pungutan liar. Apalagi memang sudah ada sejumlah regulasi yang menguatkan boleh dilakukannya pungutan di desa. "Pengakuan negara dan penghormatan kepada hukum adat juga masih ada. Kami rasa ini menjadi salah satu tantangan kita ke depan," ucap pimpinan majelis tertinggi yang menaungi seluruh desa pakraman di Bali itu.

Jero Suwena menambahkan, pungutan yang dilakukan di desa pakraman juga dinilai menjadi upaya rehabilitasi terkait sejumlah dampak kekotoran yang ditimbulkan akibat hadirnya krama tamiu atau warga pendatang, misalnya untuk akses perbaikan jalan, perbaikan selokan, menjaga keamanan, dan sebagainya. "Oleh karena itu, perlu adanya komunikasi dan koordinasi yang lebih baik, sehingga jangan sedikit-sedikit desa pakraman disalahkan," katanya.

Terkait dengan kedudukan Majelis Desa Pakraman dan pendanaan itu pula menjadi salah satu topik bahasan yang akan diangkat dalam Pesamuhan Agung VI MUDP Bali di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, pada Rabu (15/11) besok.

Selain itu, dalam pesamuhan agung (rapat kerja tersebut) juga akan dibahas permasalahan duwe atau milik dan kewenangan desa pakraman sesuai filosofi Tri Hita Karana, desa pakraman sebagai subjek hukum hak atas tanah, kualitas prajuru desa pakraman, eksistensi desa pakraman setelah adanya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, program tahunan MDP, hingga perlindungan anak dalam desa pakraman.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesamuhan Agung MUDP Bali Dr Luh Riniti Rahayu mengatakan, karena banyaknya hal penting yang harus dibahas untuk memperkuat desa pakraman, acara sudah didahului dengan FGD dan puncaknya akan dibahas dalam pesamuhan tersebut. "Khusus untuk permasalahan perlindungan anak, inilah desa pakraman harus memutuskan bagaimana desa pakraman harus menjaga generasi muda ini demi keberlanjutan manusia Bali dari berbagai ancaman seperti narkotika, HIV/AIDS, hingga aksi kekerasan dan pelecehan seksual," ujar Riniti.

Kegiatan Pasamuhan Agung akan dihadiri kurang lebih 350 peserta yang berasal dari 274 orang Majelis Desa Pakraman baik di tingkat umum, madya dan alit serta perwakilan organisasi masyarakat yang terkait.

Sementara itu, kemarin, panitia Pesamuhan Agung MUDP Bali melakukan audiensi dengan Gubernur Made Mangku Pastika di ruang kerjanya Kantor Gubernur Bali. Pimpinan rombongan, Bendesa Agung MUDP Bali Jero Gede Putus Suwena Upadesa menyampaikan kedatangannya untuk mengundang Gubernur Bali Made Mangku Pastika guna menghadiri sekaligus membuka Pesamuhan Agung MUDP Bali.

Mengingat pentingnya acara ini, Gubernur Pastika mengaku akan berusaha menghadiri acara tersebut. Menurutnya, desa pakraman harus terus dikawal agar eksistensinya sesuai dengan harapan masyarakat. Ia menambahkan, Pemerintah Provinsi Bali setiap tahun sudah mengucurkan anggaran hampir Rp 1 triliun untuk eksistensi desa pakraman. “Keberadaan desa pakraman di Bali penting untuk menjaga ketertiban masyarakat,” kata Pastika yang berperan dalam pembentukan MUDP pada tahun 2004 lalu. “Yang terpenting kita harus memastikan apa yang dilakukan desa pakraman jangan melanggar aturan,” ujarnya. *ant, ind

Komentar