nusabali

Bangunan Rusak Jadi Kendala

  • www.nusabali.com-bangunan-rusak-jadi-kendala

Supaya aman untuk dioperasikan di kemudian hari, Blok A Pasar Semarapura harus dibangun ulang.

Penataan Pasar Semarapura Jadi Pasar Modern


SEMARAPURA, NusaBali
Pasar Semarapura Klungkung menjadi salah satu bagian dari city tour (kota wisata). Pemkab Klungkung akan merehab pada Blok A Pasar Semapura menjadi pasar modern dengan menjual produk UKM (usaha kecil dan menengah).

Anggaran yang dicanangkan untuk pasar modern ini Rp 6,8 miliar, dan saat ini tengah dibahas dalam APBD 2018. Hanya saja setelah anggaran dipasang, dari hasil pemeriksaan laboratorium, diketahui kondisi bangunan Blok A rusak parah. Dari 11 titik yang diperiksa hanya 1 titik yang kondisinya masih bagus. Supaya aman untuk dioperasikan di kemudian hari, Blok A Pasar Semarapura harus dibangun ulang. Anggaran yang dikeluarkan pun menjadi lebih tinggi.

“Kalau Blok A dibangun ulang dengan konsep pasar modern, yakni lantai dua dilengkapi escalator bisa menghabiskan dana hingga Rp 11 miliar,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Wayan Ardiasa, Minggu (12/11). Untuk Blok A bisa menampung sekitar 98 pedagang.

Berdasarkan rekomendasi hasil laboratorium tersebut, Ardiasa sudah menyampaikan kepada Bupati Klungkung. Pihaknya saat ini masih menunggu petujuk selanjutnya dari bupati, apakah nanti akan dibangun bertahap atau diupayakan menggunakan anggaran lain. “Dalam anggaran APBD 2018 yang masih dalam pembahasan di DPRD, dialokasikan Rp 6,8 miliar. Dengan bangunan Blok A tidak dibongkar, namun direnovasi dan disesuaikan dengan konsep pasar modern,” ujarnya.

Adapun gambaran dari perencanaan awal, yakni blok A akan dilengkapi tempat exspo dan pameran produk UKM khususnya produk UKM di Klungkung. Hal ini untuk mendukung program city tour, karena Pasar Semarapura merupakan salah satu bagian dari city tour itu. Di samping itu, rencana untuk menjadikan Blok A sebagai pasar modern dengan barang dagangan produk UKM juga terkendala dengan tender perencanaan. Sebab tahun ini, tender detail engeneering desain (DED) gagal dilaksanakan karena terbatasnya waktu. Maka akan diusulkan kepada unit layanan pengadaan barang dan jasa agar tender DED bisa dilakukan Desember 2017. *wa

Komentar