nusabali

Satpol PP Ajukan Penambahan Personel

  • www.nusabali.com-satpol-pp-ajukan-penambahan-personel

Kekuatan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung khususnya yang bertugas di wilayah Badung Selatan dinilai masih kurang.

MANGUPURA, NusaBali

Sementara untuk membantu aparat keamanan saat penyelenggaraan event berskala internasional, diperlukan jumlah personel yang banyak. Karenanya, Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara mengusulkan tambahan personel.

Suryanegara mengaku personel yang dimiliki sekarang berjumlah 276 orang, terdiri dari 220 berstatus PNS dan sisnya non-PNS. Namun, hanya 5 persen dari seluruh kekuatan itu yang bertugas di Badung Selatan. “Padahal kawasan Badung Selatan kerap jadi tempat penyelenggaraan event internasional. Namun kekuatan personel hanya sekitar 5 persen saja, jadi masih kurang,” akunya, Minggu (12/11).“Makanya kami mengusulkan tambahan personel lagi 36 orang, sehingga kekuatannya bisa imbang dengan yang ada di pos induk (Puspem Badung),” imbuhnya.

Suryanegara mengatakan, selama ini bila memerlukan kekuatan dalam jumlah banyak, masih BKO dari pos induk. “Tapi tidak efektif juga, karena jarak lumayan jauh. Bila perlu tambahan BKO paling tidak perlu waktu 1-2 jam. Kalau ada tambahan personel khusus di Badung Selatan, maka akan semakin bagus,” jelasnya.

Terkait kendaraan operasional, menurutnya tidak ada masalah. Namun bila nanti personel ditambah, pihaknya juga sekaligus akan mengusulkan kendaraan operasional sebagai penunjang personel di lapangan, terutama saat melaksanakan tugas pengawasan keamanan dan ketertiban.

Selain itu, pihaknya juga mengusulkan kenaikan anggaran senilai Rp 2 miliar lebih untuk melaksanakan program bimbingan masyarakat dan linmas, kenaikan gaji tenaga kontrak, dan program lainnya. “Tapi kami sebatas mengusulkan saja, keputusan tetap pada pimpinan,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti mendukung penuh upaya yang dilakukan Satpol PP Badung. “Sangat penting untuk melakukan pengawasan dan menegakkan aturan di tengah banyaknya pelanggaran. Kami mendukung bila Satpol PP mengusulkan penambahan personel,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap dengan adanya penambahan personel dapat meningkatkan kinerja aparat penegak perda. Satu yang jadi perhatian Anom Gumanti, yakni agar Satpol PP memperhatikan masih banyaknya gelandangan dan pengemis (gepeng) di jalan-jalan. “Perlu koordinasi intensif antara Satpol PP dan Dinas Sosial bagaimana cara menangani masalah ini,” harap politisi asal Kuta, itu. *asa

Komentar