nusabali

Hujan Guyur Sebagian Besar Wilayah Bali

  • www.nusabali.com-hujan-guyur-sebagian-besar-wilayah-bali

Meski sebagian besar wilayah di Bali sudah diguyur hujan, bukan berarti semuanya sudah memasuki musim penghujan.

MANGUPURA, NusaBali

Memasuki bulan November 2017 hampir seluruh wilayah Provinsi Bali telah diguyur hujan. Terpantau secara umum hujan terjadi di wilayah Bali bagian tengah dan selatan. Sedangkan di wilayah Bali bagian utara terdapat beberapa wilayah belum turun hujan hingga lebih dari 30 hari.

Staf Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Putu Agus Dedy Permana, mengungkapkan wilayah yang belum turun hujan lebih dari 30 hari di antaranya daerah Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, daerah Tukad Mungga, Kecamatan Buleleng, dan wilayah Tejakula, Sambirenteng, dan Bondalem.

“Wilayah Bali bagian selatan sudah diguyur hujan. Secara keseluruhan di Bali hanya sebagian kecil wilayah saja yang belum diguyur hujan, yakni di Bali bagian utara,” tuturnya saat dikonfirmasi, Minggu (12/11).

Meski sebagian besar wilayah di Bali sudah diguyur hujan, Permana mengatakan bukan berarti semuanya sudah memasuki musim penghujan. Untuk menentukan apakah sudah memasuki musim penghujan atau belum, tak diukur oleh berapa kali suatu wilayah diguyur hujan. Selain itu juga tak diukur berapa lebat hujan mengguyur suatu wilayah. Dikatakannya, hingga kini tim BBMKG masih melakukan analisa dan kajian apakah kini sudah memasuki musim penghujan atau masih peralihan musim. Namun satu hal pasti, diimbau agar masyarakat selalu waspada dalam menghadap kondisi alam.

“Kami masih melakukan kajian apakah sekarang sudah memasuki musim penghujan atau belum. Memang dari prakiraan awal, bulan November ini sejumlah wilayah di Bali sudah memasuki musim penghujan. Jadi penekanannya hujan yang terjadi berapa hari belakangan belum tentu pertanda mulainya musim penghujan. Bisa saja hujan yang terjadi, semata karena fenomena alam yang terjadi,” lanjutnya.

Dijelaskannya, prakiraan peluang curah hujan Provinsi Bali di awal bulan November 2017 ini pada kisaran 0-400 mm. Peluang curah hujan dengan kategori menengah terjadi di beberapa wilayah. Di antaranya Melaya, Negara, Jembrana, Mendoyo, Pekutatan, Pupuan, dan Baturiti. Melihat potensi hujan pada dasarian menengah ini, pihak BBMKG mengimbau agar masyarakat selalu waspada dan menyesuaikan diri terhadap perkembangan cuaca dan iklim yang terjadi.

Sementara prakiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat di Bali bagian timur dan tengah. Angin bertiup dari arah timur ke selatan dengan kecepatan 8-38 kilometer per jam. Tinggi gelombang laut di perairan Bali utara yaitu 0,2 – 0,75 meter. Perairan selatan 0,5 – 2,0 meter. Perairan Selat Bali 0,5 – 2,5 meter.

“Kondisi ini disebabkan oleh suhu permukaan laut Bali berkisar 28 – 31 derajat Celcius. Kondisi ini lebih tinggi dari nilai rata-ratanya. Masa udara basah terkonsentrasi pada lapisan permukaan hingga lapisan 700 mb. Kondisi ini mendukung pembentukan awan penghujan di wilayah Bali,” kata Permana. *p

Komentar