nusabali

Meski Penampahan Kuningan, Apel Hari Pahlawan Khidmat

  • www.nusabali.com-meski-penampahan-kuningan-apel-hari-pahlawan-khidmat

Pemkab Klungkung menggelar apel peringatan Hari Pahlawan Nasional, di Lapangan Puputan Klungkung, Jumat (10/11), bertepatan dengan Hari Penampahan Kuningan, Sukra Wage Kuningan.

SEMARAPURA, NusaBali

Meskipun dalam suasana Hari Penampahan Kuningan, apel dengan inspektur upacara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, berlangsung khidmat.

Hadir dalam kesempatan itu jajaran OPD, intansi terkait termasuk para veteran. Apel peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berharap para generasi penerus dapat memperkuat persatuan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan. “Tema tersebut jangan diterjemahkan terlalu susah. Yang terpenting adalah bagaimana memulai persatuan tersebut dari diri sendiri dalam rangka membangun negeri,” ujarnya.

Bupati menambahkan, hal terpenting lainnya dalam mewujudkan cita-cita pembangunan daerah dan mewujudkan persatuan ini adalah pengendalian pikiran. Sehingga cita-cita besar dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur dapat tercapai. “Mari mulai dari diri sendiri untuk melanjutkan cita-cita besar menuju masyarakat adil dan makmur,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta juga membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia. Disebutkan, setiap 10 November kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia. Mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan untuk Republik Indonesia.

Harapan akan masa depan yang lebih  baik tersebut telah ditambatkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia. Yakni terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.

“Negeri kita ini menorehkan banyak sekali teladan tentang semangat untuk berkorban menjaga persatuan Indonesia. Mari kita panggil memory kita pada saat fajar kemerdekaan Indonesia, 18 Agustus 1945,” ujarnya.

Peringatan Apel Hari Pahlawan Nasional ini juga diisi dengan tabur bunga di Tugu Pahlawan Semaraloka Klungkung, lanjut tatap muka dengan para veteran di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya. *wa

Komentar