nusabali

FENG-SHUI : Partisi (Penyekat Ruangan) (Bag.1)

  • www.nusabali.com-feng-shui-partisi-penyekat-ruangan-bag1

Kalau  dilihat sepintas, partisi atau sekat pembagi ruangan memang tampak menghentikan aliran energi Chi.

Tetapi, apabila kita tahu penempatannya yang tepat, sesungguhnya partisi adalah pengolah energi yang baik. Dan, inilah tujuan utama Feng Shui, yakni mengolah energi supaya harmonis.

Berdasarkan perhitungan Feng Shui, energi atau Chi diupayakan agar supaya selalu mengalir dengan lancar di dalam rumah atau bangunan. Karena, Chi merupakan energi kehidupan, yang walaupun tidak tampak mata, tetapi tetap ada dan sangat penting artinya bagi makhluk hidup.

Rumah adalah tempat kita menarik Chi baik, dan tempat berlindung dari Chi buruk. Jika rumah kita energinya baik, maka kehidupan kita juga akan berjalan dengan baik. Sedangkan rumah dengan energi yang bermasalah, akan memberi kehidupan yang bermasalah terhadap penghuninya. Karena itu, fungsi partisi jangan dianggap enteng. Partisi bisa mengatasi masalah energi di dalam rumah Anda.

Chi di Dalam Rumah yang Lancar

Rumah adalah tempat yang efektif untuk mengolah Chi atau energi alam yang masuk ke dalam tempat tinggal. Sehingga kesejahteraan, kesehatan fisik, mental, cinta, keberuntungan, kekayaan, dan hal-hal lain yang mendukung kebahagiaan hidup bisa didapatkan. Bukan itu saja. Rumah juga tempat Anda menghindar dari Chi yang buruk, yang membawa kesialan, kesedihan, kemarahan, kemiskinan, atau hal lain yang bisa membuat hidup Anda menjadi sengsara. Untuk itu, Anda harus mampu mengalirkan Chi yang baik ke seluruh penjuru rumah, agar energi yang dibutuhkan setiap ruangan dan setiap penghuni bisa Anda peroleh. Tentu saja bukan hanya dialirkan, tapi Chi ini juga perlu diolah agar supaya yang kotor terbuang dan yang baik bisa terpakai dengan efektif.

Tapi, ada kalanya Chi tidak bisa dengan deras mengalir di dalam rumah. Jalannya kadang tersendat-sendat di beberapa ruangan atau pada sudut-sudut tertentu. Jika Chi tidak cukup kuat mengalir ke setiap ruangan, maka energi rumah menjadi tidak seimbang. Disadari atau tidak, ketimpangan aliran Chi, akan dirasakan pengaruhnya oleh para penghuni rumah. Jika ruangan yang tidak menerima Chi adalah ruangan yang sering dipakai oleh penghuni, maka akan timbul masalah terhadap penghuni rumah tersebut sehubungan dengan karakter ruangan itu.

Misalkan saja ruang tidur tidak menerima Chi baik. Masalah paling sederhana yang akan muncul adalah penghuni kamar tersebut tidak akan merasa segar untuk beristirahat di situ. Sedangkan akibat yang buruk antara lain adalah keberuntungan akan menjauh dari pemilik kamar. Bahkan, kesehatannya juga akan terganggu. Atau, jika yang tidak menerima energi bagus adalah ruang kerja, maka pemakai ruangan tersebut tidak akan mendapatkan banyak inspirasi di situ. Motivasi, semangat, juga akan sulit muncul di ruang kerja tersebut.

Apalagi apabila dapur tidak mendapatkan Chi yang baik. Karena, dapur merupakan simbol rezeki dalam sebuah rumah, sehingga sangat perlu mendapatkan Chi yang baik. Di sini, peranan partisi sangat penting. Karena, partisi bisa membuat Chi terus bergerak di dalam rumah. Jika Chi bertemu dengan bidang pantul, maka gerakannya akan kembali hidup. Maka, tempatkan partisi secara strategis pada suatu ruang untuk mengarahkan Chi ke ruang lainnya yang membutuhkan aliran Chi yang segar. Misalnya di dekat tangga, jika di depannya terdapat lorong besar yang membuat Chi hanya melewati tangga, dan sulit naik, maka sebaiknya dipasang partisi di mulut tangga. Tapi, tentunya tidak boleh menutupi mulut tangga. Hal ini ditujukan agar supaya Chi yang baik bisa terpantul dan bergerak naik. *

Komentar