nusabali

Emas Porprov Tabanan Dihargai Rp 30 Juta

  • www.nusabali.com-emas-porprov-tabanan-dihargai-rp-30-juta

Anggaran bonus kontingen Tabanan mengalami peningkatan. Medali emas dihargai lebih ‘mahal’ dari Porprov 2015, sedangkan budget perak dan perunggu meningkat seiring peningkatan medali.

TABANAN, NusaBali
Ketua Umum KONI Kabupaten Tabanan, Dewa Gde Ary Wirawan menegaskan hanya mampu meningkatkan bonus Rp 5 juta untuk para atlet peraih medali emas untuk kontingen Tabanan di ajang Porprov Bali XIIII/2017 di Gianyar September lalu. Bahkan, peningkatan jumlah nominal reward itu hanya diperuntukkan untuk atlet peraih medali emas. Selebihnya, secara umum kalkulasinya masih sama dengan gelaran event Porprov Bali XII/2015 lalu di Buleleng.

"Kami hanya fokus menaikkan nominal bonus untuk peraih medali emas saja. Selebihnya, untuk peraih perak dan perunggu nominalnya berkisar sama seperti bonus Porprov 2 tahun yang lalu," ucap Dewa Gde Ary Wirawan di Tabanan, Selasa (17/10).

Kata Ary Wirawan, peningkatan itu dari sebelumnya Rp 25 juta menjadi 30 juta. "Itu janji kami sudah menaikkan bonus reward peraih medali emas. Meskipun posisi Tabanan masih tetap bertahan di peringkat juru kunci multi event dua tahunan," beber Ary Wirawan.

Pada Porprov 2018, Tabanan meraih 10 emas, 23 perak , 61 perunggu. Hasil ini memang jauh dibandingkan juara umum Badung yang mengumpulkan 137 emas, 114 perak, dan 108 perunggu. Namun secara umum jumlah medali Tabanan memang meningkat. Pada Porprov 2015, Tabanan ‘hanya’ meraih 7 emas, 19 perak dan 35 perunggu. Namun jumlah itu belum mampu mengejar raihan kontingen lainnya di Bali. Hingga harus kembali sebagai juru kunci di Porprov Bali Tahun 2017.

Ditanya soal jumlah bonus medali perak, Ary Wirawan menyebutkan untuk perorangan masih tetap Rp 8 juta, dan bonus medali perunggu perorangan Rp 5 juta. "Kalau Tabanan bonusnya memang tertuju pada medali emas. Sehingga mendapat hitungan lebih. Sedangkan bonus untuk kategori tim atau beregu atau hitungannya tersendiri dan kami berusaha proporsional," tandas Ary Wirawan. Alhasil total bonus yang digelontorkan juga jauh lebih banyak dibandingkan dua tahun lalu. Tetapi, proses pencairannya masih menunggu realisasi anggaran di APBD Perubahan 2017. Namun Ary Wirawan  menarget, akhir tahun ini sudah bisa dicairkan. Dan, dijamin tidak sampai masuk tahun anggaran 2018. Sebab, hal tersebut juga dilakukan pada 2 tahun yang lalu. "Tunggu saja pencairannya, kami kalau bisa pasti diusahakan secepatnya cair," jelas Ary Wirawan.

Mengingat, Tabanan akan bersiap menjadi host Porprov Tahun 2019 mendatang. Sehingga segala sesuatunya harus dipersiapkan sejak sekarang. "Sebelum akhir 2017 kami menggelar rapat anggota cabor dulu, untuk membicarakan kesiapannya menyongsong Porprov. Dan, apa yang bisa dikerjakan mulai sekarang kami tentu kerjakan, dan istilahnya siap berlari memenuhi segala persyaratan yang menyangkut standar pelaksanaan event Porprov," kata Ary Wirawan. *dek

Komentar