nusabali

Sempat Keliling Nusa Dua-Canggu untuk Kelabui Polisi

  • www.nusabali.com-sempat-keliling-nusa-dua-canggu-untuk-kelabui-polisi

Pasca penangkapan kembali bule pembawa ganja, Joshua Baker, 32 yang sempat kabur dari RS Bhayangkara pada Selasa (10/10) dinihari lalu, anggota Dit Narkoba Polda Bali meningkatkan pengawasan terhadap pria asal Australia ini.

Bule Pembawa Ganja yang Kabur dari RS Bhayangkara

DENPASAR, NusaBali
Dari pemeriksaan diketahui Joshua sempat keliling Nusa Dua hingga Canggu untuk mengelabui polisi yang mengejarnya.

Wadir Narkoba AKBP Sudjarwoko mengungkapkan, pasca dikabarkan menghilangnya dari RS Bhayangkara, anggota menelusuri jalan yang digunakan oleh Joshua untuk kabur. Nah, dari penelusuran itu, terungkap, pria berkewarganegaraan Australia ini berhenti disebuah mini market diseputaran RS tersebut. Dari pengakuan salah satu karyawan mini market itu, tersangka sempat meminjam HP untuk mengorder Gojek. 

Barulah setelah itu, tersangka meluncur kekawasan Kuta Utara, Badung dan menemui rekannya berkewarganegaraan Inggris untuk meminta uang.“Penelusuran tim, dia sudah berada dikawasan Canggu itu. Sehingga langsung dikejar kelokasi terakhir. Tapi, dilokasi tujuan itu tidak ditemukannya,” jelasnya saat memberikan keterangan pers di Mapolda Bali, Rabu (11/10) siang.

Selanjutnya dilakukan pelacakan terhadap tersangka ini. Kemudian, dari informan dilapangan terindikasi tersangka bergerak ke kawasan Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung menggunakan taxi. Pun petugas kembali bergerak dan menuju lokasi itu. Ternyata, tersangka ini hanya mengelabui petugas yang sedang memburunya. Tersangka berhenti disalah satu rumah yang tidak berpenghuni dan berpura-pura membuka gerbang. Nah, saat taxi berlalu, tersangka kemudian kembali bergerak kekawasan Canggu. Anggota yang mengejarnya pun kembali bergerak dan mengikutinya “Kemudian ia kembali ke Canggu di Hotel LV 8 dan mengorder makanan dan minuman. Ya, kemungkinan besar saat itu pelaku ini sudah dalam keadaan lapar. Makanya, anggota kita yang terus menelusuri jejaknya langsung menuju hotel tempat ia memesan makanan. Ia tidak menginap disana, hanya makan dan minum saja,” katanya seraya mengakui langsung melakukan penangkapan terhadap Aussie itu.

Selanjutnya, ia dikeler ke Mapolda Bali untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hanya saja, anggota yang melakukan penyelidikan menemukan indikasi kondisi dari wisman itu dalam keadaan drop. Sehingga, dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk penanganan lebih lanjut. Untuk mengantisipasi kaburnya wisman itu, ia diletakan didalam ruangan sel rumah sakit. Bahkan,ia juga dijaga oleh 3 orang petugas. “Saat ini masih di RS. Kita belum bisa ambil keterangannya lebih dalam karena kondisi masih drop. Statusnya saat ini masih dalam proses pelimpahan dari pihak Bea Cukai kepada pihak kita. Hanya saja, keterangan awal dia kabur karena stress akibat ditangkap oleh petugas. Padahal, ia hanya ingin berlibur di Bali ini,” katanya

Joshua Barker ditangkap oleh Bea Cukai Bandara Internasional Ngurah Rai, Tubang, Badung pada Senin (9/10) lalu terkait dugaan kepemilikan ganja seberat 28,02 gram. Selain ganja yang sudah tercampur tembakau tersebut, petugas juga menemukan 37 butir obat penenang Diazpam yang dibawanya dari Thailand. Nah, saat ia kabur dari RS Bhayangkara, wisman itu masih dalam proses penyerahan dari Bea Cukai kepada Dit Narkoba. “Dia ini masih dalam proses pelimpahan. Sesuai SOP kita, yang jelas harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baik, BB, pelaku dan kandungan dalam urinenya,” tungkasnya.7dar

loading...

Komentar