nusabali

Turis Malaysia Tewas di Atas Kapal Barang

  • www.nusabali.com-turis-malaysia-tewas-di-atas-kapal-barang

Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia, tewas di tengah laut dalam perjalanan menuju ke Buleleng, Rabu (11/10) kemarin. 

SINGARAJA, NusaBali
Sintiong Gelet, 57, asal Sabah Malaysia itu menumpangi kapal barang Assyefa dengan lambung 55, disebut akan dirujuk dari Sapeken ke Buleleng karena dalam kondisi kritis.

Menurut Kapten Kapal, Zainnulah, 47, warga Desa/Kecamatan Sapeken, Madura yang ditemui di pelabuhan rakyat wilayah Kampung Baru, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, mengatakan bahwa sebelum berangkat mengantarkan ikan kakap seberat 300 kilogram ke Buleleng didatangi tim medis Puskesmas Sapeken, untuk menitipkan WNA yang sedang sakit.

Karena kondisi korban yang saat itu ditemani istrinya, Mary Bennedct, 51, cukup kritis, Zainullah akhirnya mengizinkan dua WNA dengan dua petugas medis Puskesmas Sapeken untuk ikut di kapalnya bersama empat orang Anak Buah Kapal (ABK).  Kapal barang itu pun kemudian berangkat dari Pelabuhan Sapeken menuju Buleleng pada Selasa (10/10) sekitar pukul 22.00 Wita.

“Karena ada surat rujukan yang dibawa dokter dan perawat Puskesmasnya saya berani ajak ke sini, mereka juga ditemani sampai di sini,” katanya. Hingga akhirnya kapal Assyefa berlabuh pada pukul 10.24 Wita di Pelabuhan Rakyat Kampung Baru. Namun WNA Sintiong dinyatakan sudah meninggal dunia dalam perjalanan laut sekitar 5 mill sebelum kapal tersebut berlabuh di laut Buleleng.

Padahal sebelumnya WNA yang disebut sedang melakukan kunjungan di keluarganya yang ada di Sapeken dan mengalami sakit, akan dirujuk ke Rumah Sakit Kerta Usada, Buleleng. Pemindahan ini terkait fasilitas dan kelengkapan medis di Puskesmas Sapeken tidak memadai untuk melakukan tindakan medis dengan penanganan yang intensif.

“Meninggalnya sekitar jam 04.00 Wita. Sudah ada tim medis Puskesmas yang menangani, sudah pakai oksigen pula, tapi tidak tertolong,” imbuh Zainullah. Setelah melapor kepada instansi terkait akhirnya jenazah korban diturunkan dari kapal motor tersebut dan dibawa oleh ambulans untuk dibawa ke rumah sakit untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Kasubag Humas Polres Buleleng, AKP I Nyoman Suartika, dihubungi terpisah membenarkan kejadian tersebut. Hingga saat ini pihak keluarganya masih berembug untuk mengambil langkah selanjutnya. “Tadi sudah dievakuasi dari kapal dan diturunkan, sementara korban meninggal karena menderita sakit,” kata dia.7k23

loading...

Komentar