nusabali

Bupati Tabanan Tularkan Semangat Membangun Daerah ke DWP

  • www.nusabali.com-bupati-tabanan-tularkan-semangat-membangun-daerah-ke-dwp

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menularkan semangat membangun daerah kepada Dharma Wanita Persatuan (DWP) seluruh Indonesia saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional DWP 2017 di Birawa Assembly Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (10/10).

TABANAN, NusaBali
Bupati Eka menyebutkan pembinaan terhadap perempuan sangatlah penting, karena jika perempuan diberikan wadah untuk berekspresi bisa juga menjadi partner pemerintahan dalam membangun daerah di berbagai sektor.

“Melalui kegiatan ini, saya ingin memberikan motivasi kepada kaum perempuan supaya bisa menularkan semangat untuk sama-sama terjun ke lapangan bahkan menjadi kepala daerah. Jadi tidak di Tabanan saja, semua wanita dari Sabang sampai Merauke harus maju,” ujar Eka.

Srikandi asal Banjar Tegeh, Angseri, ini menambahkan ada beberapa hal yang sudah dilakukan dalam hal membina perempuan di Tabanan. Di bidang ekonomi, pemerintah menaungi melalui BUMDes yang di dalamnya menampilkan hasil karya ibu-ibu.

“Dari segi kuliner, ibu-Ibu terus dilatih untuk menciptakan makanan khas. Selain itu, ibu-ibu juga dilatih untuk mengelola desa wisata yang saat ini sudah ada 44 desa wisata. Ibu-ibu harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para turis yang datang,” imbuh bupati perempuan pertama di Bali, itu.

Bupati Eka juga mengajak ibu-ibu untuk datang ke Tabanan supaya bisa melihat langsung dan belajar. “Kalau langsung datang ke sana, yang harusnya perlu 3 tahun, ini dalam setahun bisa jalan karena saya akan buka semua tips dan regulasi dalam mengelola daerah,” tandasnya. 

Sementara itu, Wien Ritola Tasmaya selaku Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat mengungkapkan kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan sumber daya anggota DWP sebagai center of excellence. 

“Peran wanita sangat penting untuk kemajuan bangsa. Wanita tidak boleh ketinggalan dalam hal apapun, baik itu bidang sosial, kesehatan maupun ekonomi,” ujar Wien.

Acara tersebut dihadiri lebih dari 1.500 orang anggota DWP pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta masyarakat umum. @ d

Komentar