nusabali

Pemkab Klungkung Ngaturang Panganyar di Pura Tuluk Biyu

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-ngaturang-panganyar-di-pura-tuluk-biyu

Serangkaian Karya Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat Icaka 1939 di Pura Tuluk Biyu Batur, Kintamani, Bangli, Pemkab Klungkung melaksanakan Bakti Panganyar, Minggu (8/10). 

SEMARAPURA, NusaBali
Rombongan panganyar dipimpin Bupati Klungkung Nyoman Suwirta didampingi Ny Ayu Suwirta serta jajaran OPD Pemkab Klungkung, disambut para prajuru setempat. Dewa Soma selaku panitia wawantenan panganyar Pemkab Klungkung,  mengatakan, panganyar dilaksanakan selama Ida Bhatara nyejer karya. Bakti panganyar ini sebagai wujud bakti umat ke hadapan Ida Bhatara Bhatari di Pura Tuluk Biyu. Panganyar dengan menghaturkan banten berupa suci, saji, sorohan, dan bebangkit.

Bakti panganyar diawali pementasan tarian sakral seperti Tari Rejang dan Tari Baris, dilanjutkan kramaning sembah. 

Bakti Penganyar ini selain dihadiri rombongan Pemkab, juga ratusan pamedek lain. Persembahyangan berlangsung khidmat, dipuput Ida Pedada Gde Wayahan Keniten dari Geria Tengah Semarapura. Seusai pesembahyangan, Bupati Suwirta menghaturkan dana punia, diterima manggala karya. Prosesi penyineban akan dilaksanakan pada 12 Oktober nanti.

Selain di Pura Tuluk Biyu, pada hari yang sama,  rombongan Pemkab Klungkung juga melaksanakan Bakti Panganyar di Pura Puncak Penulisan, Kintamani. Bakti ini serangkaian upacara Karya Pangenteg Jagad Bali yang dipuput Ida Jro Kubayan Mucuk, Jro Kubayan Kiwa, serta Bakti Panganyar di Pura Bukit Mentik. *wa

Komentar