nusabali

Rumah Hancur Tertimpa Senderan

  • www.nusabali.com-rumah-hancur-tertimpa-senderan

Rumah milik I Komang Budiana,43, di Dusun Takedan, Desa Selat, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, hancur ditimpa longsor senderan pondasi rumah. 

SEMARAPURA, NusaBali
Rumah ini baru dibangun oleh kakaknya, I Wayan Suarya,46, di Banjar Dinas Pesaban Kangin, Desa Pesaban Rendang, Karangasem, Jumat (6/10) dinihari.

Informasi di lokasi, senderan dengan panjang 10 meter dan tinggi 3,5 meter tersebut untuk penyangga pondasi rumah yang tengah diharap I Wayan Suarya itu, baru dibangun sekitar sebulan lalu. Karena akan dibangun rumah maka di atasnya sudah diisi tanah uruk.

Setelah diguyur hujan deras sejak Kamis (5/10) malam sekitar pukul 19.00 Wita, senderan dan material tanah uruk tiba-tiba ambruk. Material itu menimpa rumah I Komang Mudiana, Jumat dinihari sekitar pukul 01.00 Wita hingga rusak terutama pada plapon dan beberapa bagian bangunan.

Menurut keterangan istri Komang Budiana, Ni Wayan Serinteg,42, saat kejadian itu dirinya tidak bisa tidur karena hujan deras. Tiba-tiba dia kaget karena mendengar suara seperti sebuah retakan. Dia pun lansung membangun keluarganya. Bagitu terbangun ternyata senderan itu sudah ambruk. “Saya sekeluarga berhasil selamat,” ujarnya.

Atas peristiwa tersebut Komang Budiana memberitahukan kepada kakaknya bahwa pondasi/senderan rumahnya jebol. Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp 60 juta. Kejadian tersebut tidak dilaporkan dan telah diselesaikan secara kekeluarga.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta sempat turun melihat kondisi rumah yang tertimpa longsor itu. Dirinya sudah meminta kepada petugas BPBD Klungkung untuk memverifikasi kerugian meterial akibat musibah tersebut. Pihak Pelaksana BPBD Klungkung pun sudah turun untuk pendataan. *wa

Komentar