nusabali

Lahan di Depan Kantor Desa Tianyar Terbakar

  • www.nusabali.com-lahan-di-depan-kantor-desa-tianyar-terbakar

Lahan seluas 40 are milik I Nyoman Kalih Kusuma, 38, terbakar di depan Kantor Desa Tianyar, tepatnya di Banjar Eka Adnyana, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (6/10) pukul 11.00 Wita. 

AMLAPURA, NusaBali
Perbekel Tianyar I Ketut Wija melaporkan kasus itu ke Dinas Pemadam Kebakaran, sehingga kebakaran tertangani, tidak sampai meluas. Apalagi lokasinya dekat pemukiman.

Perbekel Tianyar I Ketut Wija yang menyaksikan kepulan asap namun dibiarkan. Dikira kebakaran tidak meluas, ternyata sekitar pukul 11.30 Wita, api membesar kemudian menjalar membakar lahan kosong yang ditumbuhi semak-semak. Perbekel Wija, berupaya memadamkan secara swadaya menggunakan mobil tank, dengan membawakan air dua mobil tanki, tujuannya agar kebakaran tidak meluas. Ternyata upaya Perbekel Tianyar tidak mempan, justru kobaran api terus meluas karena ditiup angin. Selanjutnya melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran sekitar pukul 11.45 Wita.

Sementara Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Nyoman Sutirtayasa berangkat dari Pos Damkar sekitar pukul 11.49 Wita dan tiba di lokasi kebakaran pukul 13.0 Wita dengan mengerahkan sebuah mobil damkar Hino, sebuah mobil bantuan Jepang, dan 2 mobil tanki penyuplai air, dikendalikan tiga regu petugas. Api baru bisa dipadamkan pukul 14.10 Wita. “Kami lengah dengan adanya kepulan asap itu. Mulanya kami kira kebakaran tidak meluas hanya mengepul di tumpukan sampah, ternyata menimbulkan kebakaran," kata Perbekel Tianyar Wija. Diduga, penyebab kebakaran akibat membuang puntung rokok yang masih menyala. *k16

Komentar