nusabali

NasDem Hadapi PDIP di Gianyar

  • www.nusabali.com-nasdem-hadapi-pdip-di-gianyar

NasDem juga rekomendasikan paket Cabup-Cawabup incumbent I Nyoman Suwirta-Made Kasta untuk diusung di Pilkada Klungkung 2018.

Rekomendasikan Paket Tjok Ibah-Gus Gaga


DENPASAR, NusaBali
Partai NasDem dan PDIP selalu mesra berkoalisi di setiap Pilkada serentak tahun 2015 dan 2017 di Kabupaten/Kota di Bali. Sebut saja di Pilkada Denpasar, Badung 2015 dan Pilkada Buleleng 2017. Namun untuk Pilkada Gianyar 2018, NasDem memilih berhadapan dengan PDIP. Di Pilkada Gianyar, NasDem merekomendasikan paket Tjokorda Raka Kerthayasa Sukawati (Tjok Ibah)-Ida Bagus Gaga Adi Saputra alias Gus Gaga sebagai Cabup-Cawabup Gianyar. Selain itu Partai NasDem juga rekomendasikan paket Cabup-Cawabup incumbent I Nyoman Suwirta-Made Kasta untuk diusung di Pilkada Klungkung 2018.

Kepastian NasDem usung paket Tjok Ibah-Gus Gaga diumumkan DPW Partai NasDem Provinsi Bali di Kantor DPW NasDem Bali di Niti Mandala Denpasar, Kamis (5/10) siang. Hadir Ketua DPW NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, Ketua DPD NasDem Gianyar I Made Kariyasa dan Ketua DPD NasDem Klungkung I Gusti Ngurah Putra.

Ketua DPW NasDem Bali, Oka Gunastawa mengatakan untuk Pilkada Gianyar memang tidak lagi mesra dengan PDIP. Karena dalam Pilkada adalah partai konteksnya berlomba memilih calon pemimpin terbaik, kemudian melahirkan pemimpin yang terbaik dan melaksanakan pilihan rakyat. “Memang sebelumnya kita selalu koalisi dengan PDIP di Pilkada sebelumnya di Buleleng, Denpasar, Badung. Namun kami bukan berhadapan dengan PDIP di Gianyar. Tetapi berlomba mencari, memilih dan melahirkan pemimpin yang terbaik,” ujar Oka Gunastawa.

Keputusan merekomendasi paket Tjok Ibah-Gus Gaga ini rupanya juga merupakan deal politik dalam pertemuan 4 mata antara  Oka Gunastawa dengan Ketua DPD I Golkar Bali, I Ketut Sudikerta di sebuah restauran di kawasan Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan pada 11 September 2017 lalu. “Pertemuan saya dengan Pak Sudikerta beberapa waktu lalu memang dealnya untuk Pilkada Gianyar. Kalau Pilgub Bali 2018 belum ada deal politik apapun antara NasDem dengan Golkar,” ujar Oka Gunastawa.  Menurut Oka Gunastawa, rekomendasi DPP Partai NasDem untuk paket cabup-cawabup di Gianyar dan Klungkung sudah diterima DPW NasDem Bali dan diserahkan kepada DPD Kabupaten Gianyar dan Klungkung.

“Hari ini kami serahkan kepada DPD NasDem Gianyar dan Klungkung,” tegas politisi asal Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem ini. Alasan NasDem akan mengusung paket Tjok Ibah-Gus Gaga di Gianyar menurut Oka Gunastawa berdasarkan hasil survei. Dan NasDem tentunya dengan lintas partai di Gianyar akan berkoalisi. Karena NasDem hanya memiliki 2 kursi parlemen. Sementara di Klungkung NasDem dengan 1 kursi parlemen akan mengusung incumbent Suwirta-Kasta atas dasar elektabilitas paket incumbent yang memang masih diinginkan memimpin Klungkung. Sementara Ketua DPD NasDem Gianyar Made Kariyasa dan Ketua DPD NasDem Klungkung I Gusti Ngurah Putra mengatakan siap mengusung dan memenangkan paket yang direkomendasikan NasDem.

“Kita siap mengusung, sekaligus siap memenangkan paket cabup-cawabup yang direkomendasi DPP NasDem,” tegas Kariyasa saat menerima rekomendasi dari DPW NaseDem. *nat

Komentar