nusabali

FPBT Tabanan Gelar Pameran Lukisan

  • www.nusabali.com-fpbt-tabanan-gelar-pameran-lukisan

Puluhan seniman lukis dan perupa mengikuti pameran Fine Art Exhibition yang diadakan oleh Forum Pelestari Budaya Tabanan (FPBT) di Puri Anom Tabanan. 

TABANAN, NusaBali
Sejumlah pelukis ikut memamerkan lukisannya, termasuk pelukis luar negeri. Pameran lukisan dibuka pada Minggu (1/10) malam, dan akan berlangsung hingga 15 Oktober 2017 mendatang. Hadir di acara pembukaan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta dan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. 

Ketua Forum Pelestari Budaya Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika, mengatakan, pameran lukisan Fine Art Exhibition (FAE) mengambil tema ‘Mewali ke Hening’. Dalam pameran ini selain memamerkan karya seni lukis juga memamerkan karya seni patung dan karya seni instalansi. “Tujuan kami mengadakan ini untuk penyediakan panggung bagi seniman, karena selama ini panggung pagelaran itu hampir tidak ada di Tabanan,” ujar Ngurah Panji.

Kata dia, biasanya pameran lukisan diadakan di sebuah galeri yang tempatnya luas, kini pameran tersebut diadakan di sekitar Puri, dengan kondisi bangunan tua. Sehingga menambahkan kekentalan unsur budaya, sesuai dengan tujuan diadakan acara ini yakni melestarikan budaya di Tabanan.

Sekitar 50 lukisan terpampang di areal Puri Anom. Mulai dari lukisan Made Gunawan, Ida Bagus Indra, I Nyoman Kariasa, I Putu Sunartawa, bahkan ada pula lukisan hasil karya Ketua DPRD Tabanan I Ketut ‘Boping’ Suryadi. Ngurah Panji menambahkan, pameran yang baru pertama kali diadakan ini, rencananya akan dijadikan event tahunan. Sebab antusias pelukis sangat bagus, dari 32 orang yang mendaftar akhirnya menjadi 36 orang. “Sengaja kami tidak banyak menampilkan lukisan karena supaya tidak seperti pasar,” ujarnya. 

Salah seorang pelukis, I Made Gunawan asal Banjar/Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Tabanan mengaku sangat senang ada wadah di Tabanan. “Saya senang sekali Tabanan mulai bangkit, mudah-mudahan berkelanjutan dan para seniman lukis diperhatikan,” jelasnya. *d

Komentar