nusabali

Tinjau Pengungsi, Wagub Sudikerta Dampingi Menko Maritim

  • www.nusabali.com-tinjau-pengungsi-wagub-sudikerta-dampingi-menko-maritim

Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Panjaitan melakukan peninjauan ke Posko Komando Bencana Erupsi Gunung Agung di Tanah Ampo, Karangasem serta beberapa lokasi pengungsi, Minggu (24/9) siang.

Panitia IMF-World Bank Meeting Gelontor Rp 900 Juta

DENPASAR, NusaBali
Peninjauan ini dilakukan menyusul akan diadakannya rapat di Washington, AS bulan depan mengenai rencana pelaksanaan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Bali tahun depan. 

Untuk itu Menko Maritim, Luhut Panjaitan merasa perlu melihat langsung kondisi di lapangan. Di Posko Komando Tanah Ampo, Luhut mendapat penjelasan langsung dari Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf Fierman Sjafrial serta instansi terkait lainnya tentang langkah penanganan Bencana Erupsi Gunung Agung yang sudah ditetapkan di level ‘Awas’.

Selain itu dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan dari beberapa BUMN kepada pengungsi yang diserahkan Menko Maritim kepada Bupati Karangasem sebesar Rp 900 juta. Bantuan ini merupakan koordinasi dari Panitia Nasional Penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group. 

“Tanggal 11,12 dan 13 Oktober kami ada pertemuan di Washington. Berita yang kami dengar mereka mau menanyakan kembali gimana status Bali, saya pikir saya akan lihat sendiri,” katanya. Ia menilai persiapan yang dilakukan instansi terkait sudah bagus. Sekarang menurutnya tinggal melihat apa yang akan terjadi satu sampai dua minggu ke depan. 

“Kalau laporan dari bidang vulkanologi saya rasa persiapannya sudah luar biasa, sudah sangat siap,” ujarnya. Terkait sumbangan dari panitia melalui beberapa sponsor BUMN menurutnya menunjukkan kebersamaan dalam situasi ini. Menko Maritim Luhut Panjaitan dan Wagub Sudikerta juga menyambangi pengungsi di Lapangan Ulakan, Karangasem dan GOR Swecapura Klungkung untuk melihat langsung kondisi pengungsi dan menyerahkan beberapa bantuan. 

Data terakhir yang dirilis Humas Satgas Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Agung per 24 September 2017 pukul 12.00 Wita, jumlah pengungsi sudah mencapai 34.834 jiwa, baik yang tersebar di 126 titik pengungsian maupun yang mengungsi secara pribadi. 

Di tempat lain pada waktu yang sama Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Ny Ayu Pastika juga berkeliling mengecek pengungsian di beberapa titik di Klungkung dan Karangasem. Sementara Sekda Provinsi Bali Cokorda Ngurah Pemayun dan Kepala BPBD Provinsi Bali, Dewa Indra juga sempat mengikuti rapat koordinasi dengan Bupati Karangasem dan instansi terkait di Posko Tanah Ampo. *

Komentar