nusabali

Anak-anak Pun Ikut Kumpulkan Donasi

  • www.nusabali.com-anak-anak-pun-ikut-kumpulkan-donasi

Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ikut mengumpulkan donasi bagi pengungsi di wilayah Bangli.

BANGLI, NusaBali
Anak-anak mengimpulkan donasi di seputaran kota Bangli, Minggu (24/9). Meski jumlah yang terkumpul tidak terlalu banyak, namun bentuk kepedulian anak-anak tersebut mendapat apresiasi dari warga sekitar.

Beberapa orang anak berkumpul di seputaran Jalan Kutai, Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli. Anak-anak berjalan sembari memegang kotak amal yang terbuat dari dus bekas air mineral. Anak-anak ini tidak segan untuk mendekati warga yang melintas, sembari mengatakan, “Kami minta sumbangan untuk saudara kita yang lagi  mengungsi.” Warga yang melintas akhirnya berhenti dan memberikan sumbangan seikhlasnya.

Salah satu anak yang ikut mengumpulkan donasi, Anak Agung Istri Clarisa Anjani Savitri, mengatakan apa yang dilakukanya bersamal teman-temannya sebagai bentuk kepedulian bagi saudara-saudara yang terkena musibah dan kini berada di pengungsian. “Kegiatan ini muncul secara spontan, dan banyak yang mau ikut,” ujar Agung Clarisa. Nantinya uang yang terkumpul akan mereka serahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangli. Harapannya uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah bagi pelajar yang ada di pengungsian. “Rencananya kami akan ngelawang barong, uang yang terkumpul akan kami sumbangkan,” imbuh siswa Kelas V SDN 1 Kawan Bangli, ini.

Kegiatan yang pertama berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp 500.000. Uang donasi tersebut akan diserahkan ke BPBD setelah kegiatan ngelawang.

Sementara orangtua anak yang ikut kegitan penggalian dana, Anak Agung Bayu Pramana, mengapresiasi kegiatan anak-anak ini. Walau masih anak- anak, namun mereka memiliki rasa kepedulian pada sesama, dan pihaknya berharap anak-anak ini bisa mandiri dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. “Kami akan membantu dalam menyalurkan donasi yang dikumpulkan anak-anak kami,” tuturnya sembari menemani anak-anak mengumpulkan donasi. *e

Komentar